Cara Efektif Atasi Rasa Mengantuk di Pagi Hari, Sudah Coba?

JABAR EKSPRES – Rasa mengantuk di pagi hari seringkali memengaruhi produktivitas hari. Rasa mengantuk umumnya disebabkan oleh banyak hal.

Bagi beberapa orang rasa mengantuk di pagi hari sulit untuk dikendalikan. Bahkan, rasa mengantuk ini bisa datang kapan saja meski anda baru bangun tidur sekalipun.

Umumnya, orang akan memilih untuk meminum secangkir kopi, namun meminum kopi di pagi hari apalagi dalam keadaan perut kosong akan berdampak buruk bagi penderita asam lambung.

Cara utama untuk hilangkan rasa mengantuk di pagi hari dengan tidur yang cukup sebanyak 7-9 jam setiap harinya. Namun, jika sudah tidur cukup tetap mengantuk, berikut cara efektif lainnya untuk atasi rasa mengantuk di pagi hari.

1. Minum Air Putih Saat Bangun Tidur

Selama tidur, cairan dari tubuh akan berkurang. Hal tersebut mengakibatkan tubuh dehidrasi di pagi hari yang menyebabkan rasa lemas dan ngantuk.

BACA JUGA: Doa Menghilangkan Kantuk Saat Harus Aktivitas, Penting Untuk Kamu Para Pekerja

Sehingga dengan memenuhi asupan cairan di tubuh akan membantu anda merasa lebih bugar dan lebih siap untuk beraktifitas.

Siapkan botol minum atau gelas air disamping meja tempat tidur anda untuk memudahkan anda minum di pagi hari ketika bangun tidur.

2. Langsung Beranjak Dari Tempat Tidur

Cara lain untuk atasi rasa mengantuk di pagi hari yang selanjutnya yakni dengan langsung beranjak dari tempat tidur, karena dengan berlama-lama di tempat tidur akan membuat anda kembali tertidur.

Jika hal tersebut tidak berpengaruh, maka cobalah untuk berjalan-jalan ke luar ruangan agar membantu anda tetap terjaga.

3. Mencuci Muka dan Mandi Air Dingin

Setelah beranjak dari tempat tidur, bergegaslah untuk langsung mencuci muka anda. Basuhan air dingin ke wajah akan memberikan sinyal perubahan suhu sehingga tubuh akan merespon dengan meningkatkan fokus pikiran.

Agar lebih efektif sebaiknya anda langsung mandi dengan air dingin, namun sebaiknya anda tidak lansung mengguyur air dingin ke seluruh badan agar tubuh tidak kaget.

4. Olahraga Teratur dan Mengonsumsi Makanan Bergizi di Pagi Hari

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan