Kaki Ngilu di Malam Hari? Berpotensi Masalah Serius, Ini Penyebabnya!

JABAR EKSPRES – Andi Praja Wira Yudha Lutfi, dokter spesialis ortopedi dan traumatologi dari Eka Hospital Permata Hijau, mengungkapkan bahwa rasa ngilu pada kaki di malam hari seringkali disebabkan oleh aktivitas sepanjang hari. Meskipun nyeri mungkin sudah dirasakan sepanjang hari, namun seringkali terabaikan saat sedang beraktivitas atau berbicara.

Contoh yang diberikan oleh dokter Wira adalah seorang wanita yang mengenakan sepatu hak tinggi. Meskipun tidak merasakan nyeri selama beraktivitas, namun setelah duduk istirahat, barulah nyerinya terasa. Hal ini menunjukkan bahwa rasa ngilu atau nyeri pada kaki bisa terjadi akibat aktivitas sehari-hari.

Dalam temu media bersama Eka Hospital Permata Hijau di Jakarta Barat, dokter Wira menekankan bahwa jika rasa ngilu ini terus menerus dirasakan, perlu diwaspadai karena bisa menjadi tanda adanya masalah serius, seperti tumor tulang. Terutama jika rasa nyeri muncul secara konsisten di malam hari tanpa adanya distraksi.

“Dalam beberapa kasus, terus-menerusnya rasa nyeri di malam hari bisa menjadi tanda adanya tumor tulang. Siang hari pun masih terasa nyeri, namun karena tidak ada distraksi di malam hari, rasa nyeri itu lebih terasa,” jelas dokter Wira.

Meski demikian, dokter Wira juga mengingatkan bahwa tidak semua rasa nyeri harus langsung dikaitkan dengan tumor atau kanker tulang. Penting untuk melakukan pemeriksaan lebih lanjut oleh ahli medis guna mendapatkan diagnosis yang akurat.

Penyebab kaki ngilu di malam hari dapat berasal dari berbagai faktor, di antaranya:

1. **Penyakit Arteri Perifer:** Penderita penyakit arteri perifer bisa merasakan nyeri tidak hanya di malam hari, tetapi juga di siang hari. Penyumbatan arteri yang mengarah ke tungkai dapat menjadi penyebab utama.

2. **Nyeri Punggung Bawah (Sciatica):** Nyeri punggung bawah dapat memicu nyeri kaki di malam hari, terutama pada kondisi tertentu seperti tumor, infeksi, atau stenosis tulang belakang. Ketegangan pada tulang belakang dapat mengiritasi saraf yang menuju ke kaki, menyebabkan rasa nyeri, kram, mati rasa, dan kelelahan.

3. **Radang Sendi:** Nyeri atau ngilu akibat radang sendi dapat terasa baik di malam maupun siang hari. Penggunaan kompres es atau bantalan pemanas dapat membantu meredakan nyeri.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan