Longsor di Cibadak Sukabumi, 10 Rumah Terhatam Tanah

JABAR EKSPRES – Tanah longsor terjadi di kampung Cibatu, Desa Sekarwangi Kecamatan Cibadak kabupaten Sukabumi pada Rabu (24/1) pagi sekira pukul 06.30 WIB.

Dalam video amatir yang dilihat Jabar Ekspres, terlihat tebing bergemuruh secara perlahan menghantam beberapa rumah milik warga.

Kepala Desa Sekarwangi Aben, mengatakan bahwa terjadinya bencana longsor tersebut berawal dirinya mendapatkan telpon dari Rw setempat yang memberitahukan ada suara mencurigakan diatas tebing.

Tak berselang lama, Aben yang bersama unsur lainnya yang melihat tebing tersebut ternyata sudah mulai mengalami kemiringan.

“Sekitar jam 6 saya ditelpon oleh ketua Rw katanya ada bunyi (bergemuruh), setelah beberapa menit saya meluncur ke atas dan saat dilihat memang ada kemiringan (pada tebing) namun belum terjadi longsor,” ujar Aben pada awak media Rabu (24/1).

BACA JUGA: 3 Rumah di Cibadak Sukabumi Terancam Longsoran Tanah

Tak butuh waktu lama, Aben yang saat itu bersama dengan aparat setempat memutuskan untuk mengevakuasi warga yang berada disetarakan tebing tersebut, benar saja 30 menit berselang akhirnya tebing tersebut longsor dan menghantam rumah warga.

“Setelah itu saya evakuasi warga bersama rt dan RW kita amankan masyarakat dari rumahnya yang kemungkinan terdampak. Sekitar 6.30 longsoran itu terjadi,” terangnya.

Aben melanjutkan, dampak dari longsor tersebut menghantam 10 rumah warga serta beberapa bangunan masyarakat lainnya terancam.

“10 rumah tertimbun, dan 4 rumah yang masih berdiri (terancam), Kami saat ini sedang mendata berapa jiwa berapa kk yang terdampak, ” ujarnya.

Menurutnya hingga saat ini belum ada laporan korban jiwa sebab sebelum kejadian telah dilakukan evakuasi, ia menduga longsor tebing tersebut selain karena faktor cuaca ia juga karena brojong yang menahan tanah sudah tidak kuat.

“Pertama akibat hujan, kemudian saluran air di atas juga tidak memadai jadi air kemana aja, apalagi sebagian itu urugan (tanah) jadi sebagian dibawah pake bronjong jadi kemungkinan ga kuat nahan,” tutupnya. (Mg9)

BACA JUGA: Hujan Deras Dera Sukabumi, 5 Wilayah Digenangi Banjir

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan