Kenali Apa Saja Penyebab Sariawan dan Cara Mengatasinya, Cek di Sini!

JABAR EKSPRES – Setiap orang tentu pernah mengalami yang namanya sariawan, baik itu di mulut, gusi, ataupun lidah. Sariawan adalah luka kecil yang muncul di dalam mulut, biasanya bisa sembuh dengan sendirinya dalam waktu 7 hingga 14 hari.

Meski begitu, sariawan juga bisa menimbulkan rasa sakit, tidak nyaman, dan menyebabkan kesulitan untuk makan atau berbicara.

Dalam dunia medis, sariawan ini dikenal dengan nama Stomatitis Aftosa Rekuren atau SAR. Luka yang satu ini bisa muncul dengan ukuran yang kecil atau bahkan besar dan terasa sangat nyeri.

BACA JUGA: Ketahui 8 Obat Alami Yang Dapat Redakan Sariawan!

Sariawan dapat disebabkan oleh berbagai faktor, baik internal maupun eksternal. Nah, berikut ini adalah beberapa penyebab sariawan yang perlu Anda pahami, dilansir dari berbagai sumber:

1. Menyikat Gigi Terlalu Keras

Menyikat gigi terlalu keras justru bisa menyebabkan gusi dan juga jaringan lunak yang ada di dalam mulut terluka sampai bisa juga berdarah.

Inilah salah satu pemicu yang membuat Anda menjadi sering sariawan.

2. Menggunakan Kawat Gigi

Salah satu efek samping setelah menggunakan kawat gigi adalah muncul sariawan.

Gesekan antar kawat atau bracket dengan sisi dalam gusi, pipi, lidah, ataupun bibir bisa menyebabkan luka. Luka itulah yang menjadi salah satu penyebab sariawan.

3. Infeksi

Infeksi jamur, virus, atau bakteri juga dapat menyebabkan sariawan. Infeksi jamur yang paling umum adalah infeksi oleh jamur Candida albicans.

BACA JUGA: Ini Dia 6 Cara Mengobati Sariawan yang Paling Ampuh!

Sementara itu, infeksi virus yang dapat menyebabkan sariawan antara lain herpes simpleks dan cytomegalovirus.

Sedangkan, infeksi bakteri yang dapat menyebabkan sariawan antara lain bakteri Streptococcus mutans.

4. Iritasi di Mulut

Makanan yang terlalu asam dan pedas bisa mengiritasi jaringan lunak di dalam mulut. Hal itulah yang bisa memicu luka atau trauma di mulut.

5. Kekurangan Vitamin

Kekurangan vitamin, kekurangan zat besi atau vitamin B12, bisa memicu atau bahkan memperparah sariawan.

6. Alergi Makanan

Alergi makanan juga bisa menjadi salah satu penyebab munculnya sariawan. Alergi makanan bisa terjadi saat sistem kekebalan tubuh merespon makanan yang sebenarnya tidak berbahaya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan