Update Harga Emas Antam Hari Ini dan Panduan Investasi

JABAR EKSPRES- Hari ini, pada Selasa (23/1/2024), harga emas yang diproduksi oleh PT Aneka Tambang atau Antam mengalami penurunan sebesar Rp2 ribu, mencapai Rp1,125 juta per gram.

Harga buyback, yang ditetapkan oleh Antam untuk penjualan emas ke Butik Logam Mulia, juga turun sebesar Rp3 ribu menjadi Rp1,023 juta per gram.

Berikut adalah harga emas Antam per hari ini untuk pecahan lainnya, mulai dari 0,5 gram hingga 1.000 gram. Penting dicatat bahwa harga jual belum termasuk Pajak Penghasilan (PPh) 22, dengan pemegang Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) dikenai PPh sebesar 0,45 persen, sedangkan pembeli tanpa NPWP mendapat potongan pajak lebih tinggi, yaitu 0,9 persen.

BACA JUGA : Operasi Pasar Murah 2024, Strategi Menekan Inflasi dan Dampak pada Pedagang

Perencana keuangan dari Advisors Alliance Group Indonesia, Andy Nugroho, menyebutkan bahwa emas fisik dianggap sebagai instrumen investasi berisiko rendah, meskipun memiliki risiko tinggi terkait kehilangan atau pencurian saat dibawa bepergian.

Andy juga menyoroti pentingnya pemahaman masyarakat terhadap instrumen investasi rendah risiko, yang biasanya memberikan imbal hasil yang lebih kecil.

Andy juga mencatat bahwa instrumen investasi dengan imbal hasil tinggi juga berarti risiko yang lebih tinggi, mengingat prinsip “high risk high return”.

Cara menghitung keuntungan investasi emas adalah dengan memperhitungkan selisih harga jual dan harga beli. Investasi emas sering dianggap sebagai pilihan jangka panjang, mengingat potensi keuntungan yang mungkin terjadi dalam beberapa tahun.

BACA JUGA : 8 Aplikasi Investasi Online Terpercaya Sudah Terdaftar di OJK, Dijamin Uangmu Aman

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan