Nasib Masyarakat, di Tengah Berkembang Pesatnya Wilayah Gedebage

JABAR EKSPRES – Ironi, jadi satu kata yang menggambarkan nasib para warga yang bermukim di kawasan Gedebage, Kota Bandung. Ditengah kemajuan pesat wilayah tersebut, masyarakat seakan terpenjara di tempat yang katanya bakal dijadikan pusat pelayanan kota baru di daerah Bandung Timur.

Ketua RW08 Perumahan Griya Cempaka Arum, Kelurahan Cimincrang, Iwan Setiawan membeberkan soal sulitnya beraktivitas di tempat dimana ia bermukim. Hal ini berkenaan dengan kerap terjadinya kemacetan di kawasan tersebut.

“Kami susah keluar rumah karena kemacetan, karena padatnya kendaraan, dan penuhnya PKL,” kata Iwan, beberapa waktu lalu

BACA JUGA: Pengamat Dorong Pemkot Atur Jam Operasional Kendaraan Besar di Kawasan Gedebage

“Bahkan ada yang sakit ambulans pun susah untuk bersegera melintas. Hari biasa pun kemacetan itu ada. Berangkat sekolah dan bekerja pun terganggu. Kasihan anak-anak sekolah,” lanjutnya.

Selain itu, ada pula masyarakat yang terimbas banjir oleh pembangunan yang tengah dilakukan di kawasan tersebut. Dirasakan Enung, warga Rancapacing, genangan sering terjadi apabila Gedebage diguyur hujan lebat.

“Banjir mah tetap, apalagi kalau hujanya deres. Bedanya sekarang si air kotor, karena mungkin ada kiriman juga dari pembangunan itu,” katanya

Pembangunan tanpa dibangun sarana prasana pendukung yang baik, nyatanya berimbas langsung kepada masyarakat yang bermukim di daerah tersebut.

BACA JUGA: Berkembang Pesatnya Gedebage Kerap Hasilkan Masalah, Warga Ngeluh

Derita masyarakat akan pembangunan yang masif dilakukan, tak terdengar oleh para pemangku kepentingan. Enung menyebutkan, dirinya hanya bisa pasrah dan sabar dalam menerima segala resiko atas berkembang pesatnya wilayah Gedebage.

“Banjir mah mungkin udah biasa, sekarang lebih ke resiko kecelakaan, apalagi jalan banyak dilewatin kendaraan kendaraan besar. Cuman kita warga mah gak biasa berbuat banyak, lebih ke menerima saja,” ungkapnya

Peran Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung, kini, sangat dibutuhkan oleh masyarakat Gedebage. Hal ini berkenaan dengan bagaimana cara Pemkot dalam menyelesaikan segala permasalah yang terjadi di kawasan tersebut. (Dam)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan