Banyak Jalan Rusak, PUTR KBB Pastikan Tahun Ini 8 Ruas Jalan Diperbaiki

Jabar Ekspres – Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) Kabupaten Bandung Barat (KBB) memastikan delapan ruas di wilayahnya akan diperbaiki pada Maret 2024.

Berdasarkan data dari dinas PUTR KBB, delapan ruas jalan yang akan diperbaiki itu tersebar di tujuh kecamatan yakni Parongpong, Lembang, Sindangkerta, Cikalongwetan, Cihampelas, Padalarang, dan Cisarua.

“Diperbaiki menggunakan dana alokasi khusus (DAK), dan ditargetkan dimulai pengerjaannya di akhir Februari 2024,” jelas Kepala Dinas PUTR KBB, Mochammad Ridwan di Padalarang, Senin (22/1/2024).

Ia menyebutkan, dari delapan akses jalan yang diperbaiki, tiga diantaranya merupakan akses jalan penghubung Bandung Barat, dan Kota Bandung, diantaranya, Jalan Cihideung -Ciwaruga sepanjang 200 meter berupa beton, dan hotmix 2,9 kilometer, serta Jalan Sersan Bajuri dihotmix sepanjang 2,6 kilometer.

BACA JUGA: Nasib Masyarakat, di Tengah Berkembang Pesatnya Wilayah Gedebage

“Satu lagi yang menjadi akses ke Kota Bandung adalah Jalan Punclut -Pagerwangi-Cijeruk masuk wilayah Kecamatan Lembang berupa hotmix sepanjang 1 kilometer,” ungkapnya.

Selain itu, perbaikan dengan menggunakan DAK juga akan dilaksanakan di Kecamatan Sindangkerta, yaitu Jalan Sindangkerta – Weninggalih berupa hotkix sepanjang 2,7 kilometer. Kemudian Jalan Cipatik -Nyalindung di Kecamatan Cihampelas berupa beton 2,7 kilometer dan hotmix 1,6 kilometer.

Selanjutnya, perbaikan Jalan SP Tagogapu-Salakuning di Kecamatan Padalarang berupa beton sepanjang 1 kilometer, dan hotmix 1,6 kilometer.

“Kemudian di Kecamatan Cisarua akan dilaksananakan perbaikan Jalan Jambudipa – Citeurep, berupa beton 400 meter dan hotmix sepanjang 2 kilometer . Ini merupakan lanjutan proyek perbaikan jalan dari sebelumnya,” ujarnya.

Ia menyebut, anggaran dari pusat (DAK) sangat membantu dalam mempercepat perbaikan ruas jalan di KBB. Tidak hanya bergantung kepada APBD KBB.

“APBD KBB sangat terbatas, makanya Dinas PUTR terus melakukan koordinasi dengan pusat agar bisa ikut membantu membiayai perbaikan jalan di KBB. Alhamdulillah perbaikan jalan yang dibiayai DAK tahun 2024 lebih banyak ketimbang tahun 2023 yang hanya sekitar 4 ruas jalan,” tuturnya.

BACA JUGA: Pengamat Dorong Pemkot Atur Jam Operasional Kendaraan Besar di Kawasan Gedebage

Ridwan menargetkan, perbaikan jalan dari DAK sudah bisa dimulai Februari 2024. Pengerjaannya dilaksanakan secara serentak.

“Kami menargetkan perbaikan dilaksanakan serentak yang dimulai akhir Februari 2024,” tandasnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan