13 Fakta Psikologi Ini Akan Membuatmu Tercengang!

JABAR ESKRPES – Bidang psikologi yang mempelajari ilmu pengetahuan dan perilaku memiliki beberapa fakta psikologi yang cukup menarik.

Fakta psikologi ini tentu saja berdasarkan penelitian yang telah dilakukan selama bertahun-tahun dan akan terus berlanjut hingga masa depan.

Beberapa fakta psikologi yang kami sajikan ini cukup menarik untuk Anda ketahui.

13 Fakta Psikologi

1. Rencana cadangan dapat mengurangi kemungkinan keberhasilan dan orang yang mempertimbangkan rencana cadangan cenderung berkinerja lebih buruk. Penelitian dari Universitas Pennsylvania menunjukkan bahwa teori ekspektasi berperan penting dalam motivasi.

2. Menguap adalah respons yang menular dan dapat mengindikasikan empati antar individu. Bahkan jika tidak merasa lelah, melihat orang lain menguap bisa memicu respons menguap yang menunjukkan adanya hubungan psikologis.

3. Orang cenderung lebih banyak menyumbang ketika dihadapkan pada kasus individu daripada ketika melihat statistik tentang tragedi berskala besar. Hal ini disebabkan oleh perasaan lebih mampu membuat perbedaan dalam situasi yang lebih kecil dan lebih nyata.

4. Tugas-tugas yang mendesak dan tidak penting dengan tenggat waktu jangka pendek lebih menarik bagi otak kita daripada proyek jangka panjang. Prioritas otak kita adalah tugas dengan kepuasan langsung, bukan tugas dengan tenggat waktu yang lebih jauh.

5. Otak cenderung lebih fokus pada hal-hal negatif dan membutuhkan lima pengalaman positif untuk mengimbangi satu pengalaman negatif. Meningkatkan rasa syukur dapat membantu menjaga perspektif yang seimbang.

Baca Juga: 10 Trik Psikologi Agar Disukai Banyak Orang, Bisa Dicoba Langsung!

6. Makanan yang disiapkan oleh orang lain cenderung terasa lebih enak karena kegembiraan dan antisipasi yang terkait dengan makanan tersebut. Sebaliknya, makanan yang disiapkan sendiri mungkin terasa kurang menarik.

7. Orang lebih suka mengetahui sesuatu yang buruk akan terjadi daripada menghadapi ketidakpastian. Memprediksi konsekuensi potensial, baik positif maupun negatif, lebih menyebabkan stres daripada ketidakpastian itu sendiri.

8. Ekspektasi yang tinggi dapat meningkatkan kinerja, seperti yang terlihat pada Efek Pygmalion. Penelitian menunjukkan bahwa ekspektasi guru dapat mempengaruhi prestasi siswa, menunjukkan pentingnya ekspektasi yang tinggi.

9. Agresi imut merupakan keinginan untuk meremas benda-benda yang lucu, seperti anak anjing atau bayi. Hal ini dianggap sebagai mekanisme untuk menyeimbangkan perasaan positif yang berlebihan, mencegah bahaya pada makhluk yang lucu tersebut.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan