Asnawi Mangkualam Cetak Gol Penalti, Indonesia Tundukkan Vietnam!

JABAR EKSPRES – Asnawi Mangkualam  berhasil mencetak satu-satunya gol yang membawa Indonesia meraih kemenangan 1-0 atas Vietnam dalam pertandingan kedua Grup D Piala Asia 2023 di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, pada malam Sabtu (19/1) WIB.

Pada awal babak pertama, Indonesia menunjukkan dominasi dengan memanfaatkan area di kedua sisi sayap. Pada menit ketujuh, Pratama Arhan dari sisi kanan mengirimkan umpan pendek ke kotak penalti. Rafael Struick, yang memiliki ruang kosong, melepaskan tembakan chip yang melebar dari gawang Filip Nguyen, penjaga gawang Vietnam.

Selama 15 menit pertandingan berlangsung, Indonesia terus mengendalikan permainan dengan menciptakan tiga peluang gol, sementara Vietnam belum berhasil mendapatkan peluang serangan.

Pada menit ke-20, Vietnam menghadapi peluang saat Tuan Anh Nguyen melepaskan tembakan dari luar kotak penalti, namun pertahanan Indonesia berhasil menghalau percobaan tersebut.

BACA JUGA: Indonesia Menang Lawan Vietnam, Erick Thohir Janjikan Ini untuk Skuad Garuda

Di menit ke-29, Sandy Walsh melepaskan tembakan dari luar kotak penalti tapi dengan mudah diamankan Filip Nguyen.

Pada menit ke-40, Rafael Struick mendapatkan pelanggaran di dalam kotak penalti oleh pemain Vietnam. Algojo penalti, Asnawi Mangkualam, dengan mudah mengarahkan bola ke sisi kanan Filip Nguyen untuk membawa Indonesia unggul 1-0.

Hingga peluit babak pertama berakhir skor 1-0 bertahan untuk keunggulan Indonesia.

Memulai babak kedua, Vietnam mencoba tampil lebih keluar dengan menekan melalui sisi kiri.

Pada menit ke-47, Ernando Ari berhasil menangkis tembakan dari Thai Son Nguyen. Serangan bertubi-tubi Vietnam tetap berlanjut, enam menit kemudian Thai Son Nguyen mencoba lagi dengan tembakan yang melebar di sisi kanan gawang.

Setelah 60 menit pertandingan, Vietnam mendominasi perolehan bola dengan 57%, sedangkan Indonesia mencatat 43%. Meskipun begitu, tim Garuda unggul dalam hal tembakan dengan Asnawi dan rekan-rekannya melepaskan empat tembakan ke gawang, sementara Vietnam hanya mampu melepaskan dua tembakan mengarah ke gawang.

Tim asuhan Philippe Troussier cukup kesulitan menembus lini pertahanan Indonesia yang kini di babak kedua bermain dengan baris lini pertahanan lebih rendah di sepertiga lapangan.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan