Ada 7 Jurusan Baru! Ini Dia Daya Tampung SNBP, SNBT, & Jalur Mandiri Universitas Jenderal Soedirman

JABAR EKSPRES – Bagi kamu yang ingin masuk ke Perguruan Tinggi Negeri (PTN), dibawah ini ada daya tampung SNBP, SNBT, dan Jalur Mandiri di Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed).

Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) Universitas Jenderal Soedirman, telah menyediakan tiga jalur masuk PTN yaitu, diantaranya jalur SNBP, SNBT, dan Jalur Mandiri.

Baca Juga: Cek Daftar Jurusan di UI dan Daya Tampungnya untuk Acuan SNBP 2024!

SNBP merupakan proses seleksi berdasarkan nilai rapor, portofolio dan prestasi lainnya. Proses seleksi ini dulunya dikenal dengan nama SNMPTN atau Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri.

Sedangkan, SNBT adalah seleksi yang dilakukan berdasarkan hasil nilai Tes Skolastik yang berbasis komputer. Dulunya, proses seleksi ini dikenal dengan sebutan SBMPTN atau Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi. Selain itu, Jalur Mandiri biasanya dilaksanakan setelah proses seleksi SNBT.

Wakil Rektor Unsoed bidang akademik, Dr. Ir. Noor Farid, M.Si mengatakan Universitas Jenderal Soedirman akan menerima 8.480 mahasiswa baru.

Berikut Kuota Daya Tampung di Unsoed:

  • Jalur SNBP 30 persen atau sebanyak 2.544 mahasiswa
  • Jalur SNBT 40 persen atau sebanyak 3.392 mahasiswa
  • Jalur Mandiri 30 persen atau sebanyak 2.544 mahasiswa

Bagi para peserta yang telah dinyatakan lulus seleksi Jalur SNBP 2024, SNBP 2023 dan Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2022 tidak dapat daftar UTBK-SNBT 2024.

“Tahun ini (2024), siswa yang dinyatakan lulus jalur SNBP maupun SNBT 2024, tidak bisa daftar dan diterima pada seleksi jalur mandiri di PTN manapun,” tulis keterangannya pada, Minggu (14/1/2024)

Peserta yang mengikuti jalur UTBK, hanya dapat mengikuti UTBK 2024 sebanyak satu kali. Hasil UTBK 2024 hanya berlaku untuk mengikuti SNBT dan penerimaan di PTN tahun 2024 saja.

Peserta yang ingin mengikuti UTBK, dikenakan biaya pendaftaran Rp200 Ribu kecuali peserta yang telah tercatat sebagai KIP Kuliah.

Selain itu, Universitas Jenderal Soedirman memiliki 46 Prodi S1 dan tujuh diantaranya adalah prodi baru.

7 Jurusan Baru di Unsoed:

  1. Pendidikan Bahasa Jepang
  2. Statistik
  3. Biologi Terapan
  4. Mikrobiologi
  5. Proteksi Tanaman
  6. Teknik Komputer
  7. Teknik Mesin

Baca Juga: Perbedaan SNBP dan SNBT dengan Syaratnya yang Harus Kamu Ketahui!

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan