Pembangunan Memorial Park di IKN Bentuk Penghormatan Para Pahlawan

JABAR EKSPRES – Memorial Park akan dibangun di Ibu Kota Nusantara (IKN), menurut Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) pembangunan ini bertujuan sebagai bentuk penghormatan bagi para pahlawan bangsa.

“Memorial Park IKN dibangun dengan konsep monumental yang menggambarkan ‘pecahnya telur’ perjuangan panjang yang menghasilkan Kemerdekaan Bangsa Indonesia melalui pahlawan proklamator Bapak Ir. Soekarno dan Bapak Mohammad Hatta,” ujar Direktur Jenderal Cipta Karya Kementerian PUPR Diana Kusumastuti di Jakarta, dikutip dari laman Antara News, Kamis (18/1/2024)

BACA JUGA: Pemerintah Berikan Insentif Pajak Bagi Pelaku UMKM yang Berinvestasi di IKN

Diana mengatakan, patung dengan cangkang telur dan burung garuda setinggi 18 meter adalah perwujudan sosok Ir. Soekarno dan Mohammad Hatta. Monumen tersebut memiliki makna filosofis yakni mengisahkan tentang semangat dan pemikiran Soekarno-Hatta dalam memperjuangkan kemerdekaan bangsa Indonesia.

Memorial Park IKN dibangun oleh Nindya Karya – Penta KSO dengan menelan biaya Rp361 miliar dan ditargetkan akan selesai Desember 2024. Area Memorial Park seluas 2.034 meter persegi terdiri dari area altar seluas 1.690 m2 dan akses tangga 344 m2 serta dilengkapi dengan infrastruktur jalan dan lanskap.

“Memorial Park IKN dibangun terintegrasi dengan Kawasan Plaza Sipil dan Beranda Nusantara seluas 12 hektare yang memanfaatkan titik tertinggi kedua di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) IKN setelah Istana Presiden,” ujar Diana.

Memorial Park yang terintegrasi dengan kawasan Beranda Nusantara menjadi point of view di IKN dengan harapan akan mampu menarik perhatian masyarakat serta para tamu negara yang berkunjung ke IKN.

BACA JUGA: Jokowi Meletakan Batu Pertama Untuk Pembangunan RSUP IKN

pembangun ini juga menjadi salah satu yang membuat kompleksnya fasilitas di IKN, dan hal tersebut sebagai bentuk persiapan pelaksanaan upacara peringatan kemerdekaan Republik Indonesia pada agustus 2024 mendatang.

Bukan hanya pembangunan Memorial Park saja, akan ada pembangunan lainnya yang akan membuat IKN semakin kompleks. Bangunan lainnya yang akan dibangun di beranda IKN adalah Bukit Bendera, Museum Peradaban, dan bangunan Beranda Nusantara. Pembangunan tersebut terkoneksi dengan forest trail yang mengusung konsep keberagaman wilayah Indonesia. (mg/alpianhidayat)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan