Kartu Prakerja 2024 Bersiap Dibuka, Berikut Cara Daftarnya

JABAR ESKPRES – Ada kabar gembira bagi Anda yang sudah bersiap-siap untuk mendaftar daftar Kartu Prakerja 2024.

Pemerintah akan melanjutkan program Kartu Prakerja 2024 dengan skema normal. Calon peserta dapat mendaftar melalui website www.prakerja.go.id.

Program Kartu Prakerja 2024 memberikan uang sebesar Rp 4,2 juta per individu, terdiri dari biaya pelatihan sebesar Rp 3,5 juta, insentif dana pasca pelatihan sebesar Rp 600.000, dan insentif survei sebesar Rp 100.000.

Pendaftaran terbuka untuk umum, termasuk para mahasiswa. Selain itu, Kartu Prakerja juga menyediakan program lain seperti Indonesia Skills Week (ISW) dan Talenta.ai yang bekerja sama dengan Microsoft.

Baca Juga: Cara Cek Penerima Bantuan PIP Kemdikbud, Kamu Dapat?

Setelah pandemi Covid-19, pemerintah meningkatkan insentif Kartu Prakerja menjadi Rp 4,2 juta. Insentif ini dapat dicairkan dan akan dikirimkan ke akun dompet digital seperti DANA, Gopay, dan OVO.

Cara mendaftar Kartu Prakerja adalah dengan membuat akun di website www.prakerja.go.id melalui ponsel. Calon peserta diminta untuk mengisi data diri dan melalui tes motivasi dan kemampuan dasar.

Kemudian, calon peserta dapat bergabung dengan gelombang yang sedang berlangsung dengan menekan tombol “Gabung Gelombang” dan mengikuti pernyataan persetujuan.

Namun, tidak semua orang dapat lolos menjadi peserta Kartu Prakerja dan mendapatkan insentif sebesar Rp 4,2 juta. Ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi, seperti berusia 18 hingga 64 tahun, tidak sedang menempuh pendidikan formal, bukan anggota TNI/Polri, PNS/PPPK (ASN), Kepala Desa/Perangkat Desa, Direksi/Komisaris BUMN/BUMD, pejabat negara, atau anggota DPR/DPRD.

Selain itu, belum pernah menjadi peserta Kartu Prakerja sebelumnya dan tidak boleh ada dua orang dalam satu KK yang menjadi peserta Kartu Prakerja.

Melalui Kartu Prakerja, peserta dapat memperoleh beasiswa sebesar Rp 4,2 juta dan mengikuti berbagai program pelatihan untuk meningkatkan keterampilan dan kesempatan kerja.

Demikianlah informasi mengenai cara mendaftar Kartu Prakerja 2024.

Baca Juga: Cara Lengkap Daftar Kartu Prakerja 2024!

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan