Resep Nikmat Japchae, Soun Khas Korea

JABAR EKSPRES – Bagi anda penngemar drama korea (Drakor) pasti sudah tidak asing lagi dengan hidangan yang satu ini. Hidangan japchae seringkali tampil di berbagai drakor ataupun variety show di Korea. Japchae merupakan salah satu hidangan asal Korea Selatan dengan popularitas yang tinggi.

Dikutip dari radarjabar.disway sebagaimana dilansir dari mykoreankitchen, menu ini menjadi hidangan nomor satu yang dicari khususnya selama liburan perayaan Chuseok di Negeri Ginseng.

Faktanya soun khas Korea itu merupakan hidangan tanpa mie ketika ditemukan pertama kali pada abad ke 17, kini soun yang terbuat dari ubi jalar menjadi bahan wajib, bercampur dengan sayuran dan daging serta bumbu yang pas.

BACA JUGA: Resep Mie Aceh, Gurih dan Berempah, Kesukaan Semua Orang!

Jika anda ingin mencoba soun khas Korea ini, anda dapat membuat japchae dengan mudah dirumah dengan mengutip resep dari chef Ade Koerniawan, juara ketiga Masterchef Indonesia Season 6 ini.
Melalui kanal youtubenya pada 29 Januari 2023 lalu, Ade membagikan resep japchae ala restoran. Berikut bahan-bahan dan cara pembuatannya.

Bahan dasar :

– Dangmyeon/mie japchae (200 gr)

– Wortel (60 gr)

– Bawang Bombay (5 gr)

– Jamur kuping (100 gr)

– Bayam (50 gr)

– Paprika merah (60 gr)

– Kecap asin (2 sdm)

– Minyak wijen (2 sdm)

– Saus tiram (2 gr)

– Gula (2 sdt)

– Kaldu ayam (1 sdt)

– Air (secukupnya)

Cara membuat japchae :

1. Pertama potong-potong sayurannya. Iris wortel, paprika merah (buang bonggol atas dan bagian dalamnya), bawang bombay (potong bagian bawahnya), janur, semua diiris dengan tipis. Lalu, bayam hanya dipetik untuk mengambil bagian daunnya saja.

2. Siapkan air yang panas serta rebus dangmyeon sekitar lima menit hingga matang, lalu angkat dan tiriskan.

BACA JUGA: Pas Waktu Hujan, Resep Ramen Halal Tori Paitan, Pakai Bahan Lokal!

3. Siapkan pan yang sudah diberi minyak, lalu tumis sebentar wortel dan paprika, masukan jamur dan bawang bombay, masak dan aduk hingga tercampur rata.

4. Masukan dangmyeon yang telah ditiriskan , dan bumbui dengan kecap saus, saus tiram, gula, dan kaldu ayam, lalu masak hingga matang.

5. Setelah itu, tambahkan saus tiram dua sendok makan lagi, serta sedikit kecap asin lalu aduk-aduk hingga merata.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan