Pendaftaran CPNS 2024 Segera Dibuka Bulan Mei, Persiapkan Dokumen dan Cek Link BKN!

JABAR EKSPRES – Pemerintah bersiap membuka pendaftaran Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) tahun 2024 termasuk CPNS dan PPPK, dengan rencana pelaksanaan pada bulan Mei.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), Abdullah Azwar Anas, mengungkapkan bahwa proses rekrutmen ini melibatkan seluruh kementerian, lembaga, dan pemerintah daerah yang diminta untuk memasukkan data dalam platform digital yang disediakan oleh BKN.

Baca juga : Pendaftaran CPNS 2024 Segera Dibuka, Ketahui Persyaratannya Apa Saja

Pendaftaran CPNS 2024 dijadwalkan dimulai pada bulan Mei, dan apabila formasi belum terpenuhi, kemungkinan akan dibuka seleksi tambahan hingga akhir tahun.

Presiden Joko Widodo telah mengumumkan total 2,3 juta formasi yang terdiri dari CPNS dan PPPK, dengan alokasi untuk guru, dosen, tenaga kesehatan, dan tenaga teknis.

Alokasi formasi untuk instansi daerah lebih besar daripada instansi pusat, seiring dengan komposisi ASN yang lebih banyak di daerah.

Selain itu, pemerintah memberikan perhatian khusus pada fresh graduate dengan memberikan alokasi besar untuk berbagai sektor, termasuk talenta digital.

Syarat Dokumen Pendaftaran CPNS 2024

Bagi yang berminat mendaftar CPNS tahun ini, syarat pendaftaran mencakup dokumen seperti :

  • Kartu keluarga,
  • KTP atau Surat keterangan dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil,
  • Ijazah,
  • Transkrip nilai,
  • Pas foto,
  • Swafoto/selfie,
  • Dan dokumen lain sesuai ketentuan jenis seleksi dan instansi yang dilamar.
Cek Link BKN

Proses pendaftaran dapat dilakukan dengan mengakses laman resmi SSCASN di sscasn.bkn.go.id.

Setelah membuat akun dengan NIK sebagai username, pelamar dapat melengkapi biodata, memilih jenis seleksi dan formasi instansi, mengunggah dokumen persyaratan, dan melakukan verifikasi informasi.

Baca juga : Rekrutmen CPNS 2024 Digelar Berapa Kali? Ini Bocorannya

Pelamar yang lolos seleksi administrasi akan mendapatkan kartu ujian melalui akun SSCASN, dan informasi kelulusan akan diumumkan oleh panitia seleksi instansi.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan