Shopee Live Vs TikTok Live Lebih Populer Mana ?

JABAR EKSPRES- Popularitas tren live streaming saat berjualan terus meningkat di kalangan penjual, dengan hasil survei Ipsos Indonesia yang menunjukkan bahwa fitur tersebut berhasil meningkatkan penjualan para merchant di berbagai sektor UMKM.

Survei melibatkan 350 penjual di e-commerce yang telah menggunakan live streaming selama 12 tahun terakhir. Responden tersebar di wilayah Jabodetabek, Semarang, Medan, dan Makassar selama Agustus hingga September 2023.

Shopee Live mendominasi sebagai fitur live streaming paling diminati di kalangan brand lokal dan UMKM, mencapai 96 persen, diikuti oleh TikTok Live (87 persen), Lazada Live (71 persen), dan Tokopedia Play (62 persen).

Dalam tiga bulan terakhir, Shopee Live juga menjadi platform terpopuler dengan 88 persen, diikuti oleh live TikTok  (61 persen), Lazada Live (35 persen), dan Tokopedia Play (27 persen).

BACA JUGA : Pinjam Uang Rp25 Juta via KUR BRI 2024 dari Rumah!

Direktur Eksekutif Ipsos Indonesia, Andi Sukma, menyebutkan bahwa pertumbuhan pesat Shopee Live menandai pentingnya live streaming dalam lanskap belanja online di Indonesia. Meskipun demikian, masih ada potensi besar yang dapat dikembangkan dan ditawarkan Shopee melalui inovasi dan program untuk masa depan e-commerce.

Dari segi pangsa pasar dan nilai transaksi, Shopee Live memimpin dengan 44 persen, diikuti oleh TikTok Live (28 persen), Lazada Live (17 persen), dan Tokopedia Play (12 persen) untuk brand lokal dan UMKM.

Andi menyoroti bahwa inovasi dalam live streaming telah menjadi fokus utama dalam pengalaman berjualan online sepanjang 2023. Menurutnya, live streaming bukan hanya tren sementara, melainkan manifestasi nyata dari evolusi perilaku konsumen dan strategi penjualan online.

Kompetisi yang dinamis dan isu-isu seputar regulasi serta kolaborasi dua pemain besar di akhir 2023 menjadi faktor menarik dalam riset Ipsos.

Setiap pemain e-commerce berusaha menawarkan platform dengan keunggulan, dan fitur live streaming dinilai memberikan manfaat signifikan bagi penjual, terutama brand lokal dan UMKM, seperti peningkatan omset, ekspansi pasar, penghematan biaya promosi, dan kemudahan berinteraksi dengan pelanggan secara real-time.

BACA JUGA : Harga Emas Antam Hari ini Naik Rp4.000

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan