7 Sebab Anak Menjadi Nakal, Bukan Hanya Kesalahan Orang Tua

JABAR EKSPRES – Ada kebiasaan dalam masyarakat uang memberikan cap pada seorang anak sebagai anak nakal. Yakni anak yang tidak patuh pada orang tua, atau anak yang berbuat sesuka hati yang kadang membuat orang lain menderita. Lalu apa saja sebab anak menjadi nakal?

Seorang anak pada hakekatnya lahir secara suci, kenakalan yang timbul merupakan dampak dari apa yang diterimanya, yang akhirnya dianggapnya sebagai hal biasa dan menjadi kebiasaan.

Menurut seorang Ulama Al Ustadz Abdul Halim Hafidzahullah, yang merupakan Alumni dari Daarul Hadits Damaaj & Djamar dari Yaman, dalam salah satu kajian Parenting, yang diselenggarakan oleh Yayasan Mafaza Indonesia dan Direktorat Sekolah Sunnah Se Indonesia, menyebut, bahwa nakal adalah tidak taat kepada orang tua, membangkang dan tidak memiliki tekad kuat menggapai cita-cita, suka mengganggu, usil atau jahat pada orang lain.

Baca juga : Panduan untuk Mendidik Anak dengan Nilai-Nilai Agama Islam

Parenting yang diselenggarakan di Masjid Imam Bukhari di Komplek Sekolah Imam Bukhari, Jatinangor, pada Sabtu (13/1) ini dihadiri ratusan masyarakat, termasuk para orang tua dan wali santri.

Sebab Anak Menjadi Nakal

Dalam pembahasannya, Al Ustadz Abdul Halim Hafidzahullah memaparkan tentang sebab-sebab anak menjadi nakal, diantaranya bukan hanya karena kesalahan yang dilakukan orang tua, melainkan dari lingkungan juga tontonannya.

Berikut 7 Sebab yang menjadikan anak nakal dan tidak patuh pada orang tua.

1. Tidak diperhatikan orang tua

Adanya pengabaian dari orang tua, yang membuat anak merasa tidak mendapatkan perhatian dari orang tua. Sementara sekolah atau pondok sifatnya hanya membantu dalam pendidikan untuk anak saja.

Dan yang bertanggung jawab mendidik anak adalah orang tua, hal ini jelas tertuang dalam QS. At-Tahrim:6.

Allah Berfirman,

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا قُوا أَنْفُسَكُمْ وَأَهْلِيكُمْ نَارًا وَقُودُهَا النَّاسُ وَالْحِجَارَةُ عَلَيْهَا مَلَائِكَةٌ غِلَاظٌ شِدَادٌ لَا يَعْصُونَ اللَّهَ مَا أَمَرَهُمْ وَيَفْعَلُونَ مَا يُؤْمَرُونَ

Artinya : Hai orang-orang yang beriman, peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu; penjaganya malaikat-malaikat yang kasar, keras, dan tidak mendurhakai Allah terhadap apa yang diperintahkan-Nya kepada mereka dan selalu mengerjakan apa yang diperintahkan.

2. Lingkungan dan teman yang buruk

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan