Jumlah Peserta Meningkat, 487 Mahasiswa se-Indonesia Kuliah di UPI Melalui Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka Tersebar di 56 Prodi Berbeda

JABAR EKSPRES – Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung menjadi salah satu Perguruan Tinggi yang banyak diminati oleh para mahasiswa yang berasal dari berbagai perguruan tinggi negeri maupun swasta dalam program pertukaran mahasiswa merdeka (PMM) skema inbound gelombang 3 Tahun 2023.

Wakil Rektor Bidang Pendidikan dan Kemahasiswaan Prof. Dr. Didi Sukyadi, M.A mengungkapkan, PMM ini merupakan salah satu kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Kemendikbudristek yang diikuti perguruan tinggi se-Indonesia dalam bentuk program mobilitas mahasiswa selama satu semester untuk mendapatkan pengalaman belajar di perguruan tinggi di Indonesia, sekaligus memperkuat persatuan dalam keberagaman melalui kegiatan modul nusantara.

Baca Juga: Beasiswa S1 di Singapura 2024, Bisa Kerja Selama 3 Tahun, Ini Syaratnya!

Menurutnya, tercatat sebanyak 487 mahasiswa yang aktif dan telah menyelesaikan perkuliahan dan mengikuti kegiatan modul nusantara di Universitas Pendidikan Indonesia selama 1 semester yang tersebar di 8 Fakultas dan 56 Program Studi berbeda.

“Jumlah mahasiswa peserta PMM dengan skema inbound di UPI ini meningkat jumlahnya dari Tahun sebelumnya sebanyak 92 mahasiswa,” ujarnya, Kamis (11/1).

“Jumlah pendaftar PMM Gelombang 3 di UPI sebanyak 2.213 peserta yang berasal dari 176 perguruan tinggi. Lolos seleksi sebanyak 500 peserta dari 77 perguruan tinggi. Peserta yang melakukan konfirmasi sebanyak 493 dari 76 perguruan tinggi,” lanjut Prof. Dr. Didi.

Para mahasiswa peserta PMM gelombang 3 di UPI terbanyak mengikuti perkuliahan di Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) sebanyak 80 mahasiswa dari 169 mahasiswa yang mengikuti perkuliahan di Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP).

Selain itu, tercatat 103 mahasiswa mengikuti perkuliahan di Fakultas Pendidikan Bahasa dan Sastra (FPBS), 88 mahasiswa mengikuti perkuliahan di Fakultas Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FPMIPA), 41 mahasiswa di Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (FPIPS), 36 mahasiswa di Fakultas Pendidikan Ekonomi dan Bisnis (FPEB), 21 mahasiswa di Fakultas Pendidikan Teknologi dan Kejuruan (FPTK), 15 mahasiswa di Fakultas Pendidikan Seni dan Desain (FPSD), 14 mahasiswa di Fakultas Pendidikan Olahraga dan Kesehatan (FPOK).

Para mahasiswa PMM Gelombang 3 ini, disambut secara resmi oleh Rektor UPI beserta para pimpinan UPI pada tanggal 8 September 2023 di Gedung Achmad Sanusi UPI. Selanjutnya para mahasiswa mengikuti perkuliahan dan menyelesaikan rangkaian kegiatan modul nusantara dimulai pada Bulan September 2023 dan berakhir pada Bulan Januari 2024.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan