Contoh Teks Khutbah Jumat Tentang Musibah Banjir dan Kesabaran dalam Menghadapinya!

JABAR EKSPRES Khutbah Jumat berasal dari bahasa Arab “Khotbah” yang artinya pidato atau ceramah yang berisi tentang keagamaan.

Khutbah Jumat selalu dilakukan sebelum sholat berjamaah dua rakaat pada waktu dzuhur. Sholat Jumat hukumnya sangat wajib bagi laki-laki dan sunnah bagi perempuan.

Baca Juga: Jadwal Majelis Taklim Masjid Agung TSB Tanggal 22-31 Januari 2024, Cek Sekarang!

Khutbah Jumat memiliki banyak manfaat dan tujuan untuk mengajak jamaah untuk selalu berjuang menggiatkan dan membudayakan Syariat Islam dalam masyarakat.

Menyatukan Jamaah, memberikan pelajaran serta motivasi dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Dan juga mengingatkan kaum muslim mengenai ajaran Islam, baik perintah maupun laranganNya.

Melansir dari islam.nu.or.id berikut contoh teks khutbah jumat tentang “Musibah Banjir dan Kesabaran dalam Menghadapinya”.

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Innalhamdalillah Nahmaduhu Wanastainuhu Wanastagfiruhu Wanauzubillahi Minsuururi Anfusina Waminsayyiati a’malina mayadillahu falaamudillalah wamayudilluhu falahadialah. Asyhadualla ilaaha illallah, wa asyhadu anna muhammadan ‘abduhuu wa rosuuluh.

Pertama-tama marilah kita panjatkan puja dan puji syukur kita kepada Tuhan yang Maha Esa Allah SWT yang masih memberikan kita nikmat yang banyak sehingga kita semua dapat berkumpul di hari Jumat ini.

Sholawat serta salam mari kita curahkan kepada junjungan kita semua, Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wassalam yang telah membawa kita semua dari zaman Jahilliah menuju zaman yang bisa seperti ini.

Pada kesempatan ini, kita akan berbicara tentang “Musibah Banjir dan Kesabaran dalam Menghadapinya”.

Pada musim hujan ini, merupakan salah satu rahmat dari Allah. Namun, hujan intensitas yang tinggi juga dapat menimbulkan musibah berupa banjir.

Di beberapa wilayah Indonesia sudah ada yang mengalami musibah banjir, longsor, dan sebagainya yang mengakibatkan kerusakan dan kehilangan aset rumah, kendaraan, dan barang-barang berharga.

Allah SWT telah mengingatkan kepada kita semua bahwa kita akan diuji oleh Allah dengan berbagai macam ujian dalam kehidupan dunia.

QS. Al-Baqarah ayat 155, Allah berfirman:

وَلَنَبْلُوَنَّكُمْ بِشَيْءٍ مِّنَ الْخَوْفِ وَالْجُوْعِ وَنَقْصٍ مِّنَ الْاَمْوَالِ وَالْاَنْفُسِ وَالثَّمَرٰتِۗ وَبَشِّرِ الصّٰبِرِيْنَ

Artinya: “Kami pasti akan mengujimu dengan sedikit ketakutan dan kelaparan, kekurangan harta, jiwa, dan buah-buahan. Sampaikanlah (wahai Nabi Muhammad,) kabar gembira kepada orang-orang sabar.”

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan