Bandung Diterjang Banjir, 600 Jiwa Terdampak dan 150 Warga Mengungsi

JABAR EKSPRES – Hujan dengan intensitas tinggi memicu banjir di sejumlah titik Kota Bandung. Hujan deras mengakibatkan sungai  CIkapundung meluap hingga ke permukiman warga, Kamis, 11 Januari 2024 sore.

Dikompilasi dari data laporan Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops) BNPB, lokasi terdampak berada di wilayah Kelurahan Braga Kecamatan Sumur Bandung.

Akibatnya, kejadian tersebut berdampak pada 600 jiwa dan 600 rumah di wilayah tersebut. Sementara itu, ada 150 jiwa memilih mengungsi ke tempat lebih aman untuk sementara waktu.

Evakuasi pun telah dilakukan oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jawa Barat sejak malam tadi.  Penanganan kedaruratan ini juga melibatkan sejumlah unsur lainnya  untuk memberikan pelayanan di posko pengungsian.

1.000 karung dibagikan BPBD untuk dijadikan tanggul sementara, dan juga memberikan 200 selimut untuk warga terdampak.

Atas kejadian itu, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini.

BMKG meminta masyarakat waspada potensi hujan sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang yang dapat terjadi di Kota Bandung dan Sebagian wilayah Jawa Barat pada hari ini (12/1).

BNPB juga turut mengimbaupemerintah daerah maupun masyarakat untuk melakukan langkah-langkah kesiapsiagaan menghadapi musim hujan. Antara lain dengan membersihkan secara rutin saluran air, drainase dan sungai dari sampah agar tidak terjadi penyumbatan atau pendangkalan yang mengakibatkan debit air mudah meluap saat terjadi hujan dengan intensitas tinggi.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan