Salah Olah Raga Ternyata Bisa Bikin Diet Gagal, Ini Penyebab Lainnya

JABAR EKSPRES – Pernah mengalami gagal diet? berat badan bukannya turun malah naik atau stabil tanpa berkurang sama sekali. Bisa jadi karena salah memilih olah raga.

Tidak semua rekomendasi olah raga berat bisa menurunkan berat badan, karena memilih olah raga untuk menunjang program diet, harus dilihat kondisi masing-masing orangnya. Jika salah olah raga bisa jadi tidak akan membantu menurunkan BB dan diet menjadi gagal.

Tujuan utama dari program diet adalah menurunkan berat badan, dan selama proses itu berlangsung, maka ada beberapa bagian tubuh yang akan hilang, terutama target utamanya adalah lemak.

Baca juga : 7 Olaharaga untuk Mencegah dan Menurunkan Kolesterol

Selain lemak, massa otot juga bisa dipangkas untuk memperindah penampilan, dan saat olah raga, merupakan saat dimana massa otot mengalami penurunan sekaligus metabolisme ikut turun.

Dalam sebuah Penelitian terungkap, saat menjalani program diet sebaiknya tidak melakukan olahraga yang berlebihan, hal ini biasanya justru tidak dapat dipertahankan dalam jangka panjang dan menyebabkan stres.

Dan jika sampai stress, maka kondisi ini dapat berdampak negatif pada hormon endokrin yang membantu mengatur fungsi seluruh tubuh.

Karenanya lebih baik konsultasikan dulu olah raga yang tepat untuk menyesuaikan dengan kondisi tubuh kepada personal trainer, sebelum memilih olah raga untuk menunjang program dietmu.

Selain olah raga ternyata ada beberapa hal yang bisa menjadi penyebab diet menjadi gagal, diantaranya :

1. Banyak Makan tapi Minim Kalori

Jika hal ini dibiarkan, maka akan mengalami defisit kalori, walau sesungguhnya hal ini yang dibutuhkan dalam program diet, namun jika sampai terjadi maka justru akan berbahaya pada metabolisme tubuh.

Peneliti menyebut, Salah memilih makanan juga bisa menjadi penyebabb gagal diet, mengonsumsi makanan sehat belum tentu tepat untuk diet, karena setiap tubuh memiliki kebutuhannya sendiri.

Kadang ada makanan sehat namun tinggi kalori, yang akhirnya tidak bisa menyeimbangkan makanan dalam tubuh. Misalnya banyak mengonsumsi kacang-kacangan dan ikan.

Namun terlalu banyak mengurangi kalori juga dapat menyebabkan hilangnya massa otot dan memperlambat metabolisme secara signifikan.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan