Antisipasi Hujan saat Pemilu Ala KPU Kota Sukabumi

JABAR EKSPRES – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Sukabumi tengah memetakan dan melakukan analisa soal potensi pemungutan suara di tengah potensi kerawanan saat di musim penghujan seperti saat ini.

Hal tersebut diutarakan oleh Dikrillah selaku Divisi Teknis Penyelenggaraan KPU Kota Sukabumi. Dia memaparkan bahwa faktor hujan dengan intensitas yang cukup tinggi tersebut akan masuk kedalam analis kajian yang akan dilakukan oleh timnya soal kerawanan yang mungkin terjadi saat musim penghujan tersebut.

“Kami divisi teknis KPU sedang melakukan analisa lebih jauh terkait mitigasi yang mungkin akan terjadi di pemungutan dan perhitungan suara nanti, apalagi dengan intensitas hujan yang cukup tinggi tentunya kerawanan-kerawanan itu bisa terjadi nanti pada saat hari H,” ujar Dikrillah saat ditemui di Kantor KPU Kota Sukabumi, Kamis 11 Januari 2024.

Dikrillah melanjutkan, sebagai antisipasi awal dirinya menyarankan untuk memilih lokasi tempat pemungutan suara (TPS) di tempat yang tergolong relatif aman dari ancaman bercanda yang mungkin saja bisa terjadi.

BACA JUGA: KPU Kota Sukabumi Libatkan 100 Orang untuk Sorlip

“Lokasi TPS itu sangat ditekankan pemilihan lokasi yang tepat, artinya kita menghindari segala hal yang bisa saja terjadi saat pemungutan suara,” ucapnya.

Dikrillah menerangkan, kerawanan yang bisa terjadi saat musim penghujan tersebut salah satunya surat atau kotak suara yang bisa saja rusak terkena air hujan.

“Karena kita ketahui seluruh kelengkapan surat suara terbuat dari bahan yang mudah rusak. seperti kotak suara, surat suara dan alat alat lainnya yang mungkin saja ini harus kita perhatian lebih cermat,” jelasnya.

Kemudian dia juga mengatakan bahwa pihaknya akan berkoordinasi dengan pihak BPBD Kota Sukabumi untuk mengoptimalkan rencana antisipasi saat pemilu di tengah intensitas hujan tinggi tersebut.

“Rencana-rencana mitigasi ini harus kita optimalkan termasuk koordinasi dengan pihak BPBD, dimana kita akan koordinasi terkait dengan kerawanan-kerawanan di lokasi TPS. Misalnya itu terjadi, harus ada evakuasi dan yang bisa membantu kita pada saat proses evakuasi adalah BPBD,” tutupnya. (Mg9)

BACA JUGA: Lonjakan Kerusakan Surat Suara DPR RI di Kota Sukabumi

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan