Langkah-Langkah Mudah Registrasi Akun SNPMB 2024 di Portal BPPP Kemdikbud

JABAR EKSPRES – Penting untuk dipahami bahwa proses registrasi akun SNPMB 2024 (Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru) di tahun ini dapat dijalani dengan mudah oleh sekolah-sekolah.

Bagi yang sudah memiliki akun SNPMB 2024 pada tahun sebelumnya, proses login dapat dilakukan melalui portal resmi di https://2/portal.snpmb.bppp.kemikbud.go.id Seluruh proses ini disertai dengan langkah-langkah yang perlu diikuti dengan cermat.

Sekolah yang telah memiliki akun SNPMB 2023 hanya perlu melakukan login dengan membuka laman portal dan mengklik tombol masuk. Dengan menggunakan email dan kata sandi yang sudah dimiliki, sekolah dapat mengakses portal dengan mudah. Bagi yang lupa kata sandi, ada fitur riset kata sandi yang dapat digunakan dengan mengikuti instruksi yang dikirimkan melalui email yang terdaftar.

Namun, untuk sekolah yang belum pernah memiliki akun SNPMB, registrasi dapat dilakukan dengan mengklik tombol daftar pada bagian sekolah. Langkah-langkah selanjutnya melibatkan memasukkan NPSN dan kode registrasi Dapodik, serta email aktif dan password.

Baca Juga : Data NISN Salah saat Daftar Akun SNPMB 2024, Ini Cara Mengatasinya

Setelah mengklik tombol submit, proses aktivasi akun dimulai. Tahapan ini mencakup membuka inbox atau spam email untuk melakukan aktivasi akun dengan mengklik tautan yang tersedia pada email.

Setelah akun berhasil diaktivasi, langkah selanjutnya adalah melakukan login ke portal SNPMB melalui situs resmi. Di sini, sekolah dapat melakukan verifikasi dan validasi data menggunakan email yang telah didaftarkan sebelumnya. Proses ini penting untuk memastikan akurasi data sekolah.

Pada halaman verifikasi dan validasi data sekolah, sekolah dapat melakukan perbaikan data melalui Dapodik bagi yang di bawah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, atau Emis bagi yang di bawah Kementerian Agama. Setelah perbaikan data dilakukan, tekan tombol perbarui data dan selanjutnya untuk melanjutkan proses.

Sekolah juga dapat memeriksa data siswa dan status akun siswa kelas 12 di portal tersebut. Jika terdapat data yang tidak valid, perbaikan data dapat dilakukan melalui Dapodik. Semua proses ini bertujuan untuk memastikan keakuratan data dan kelancaran dalam seleksi nasional penerimaan mahasiswa baru 2024.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan