Santer Dikabarkan Gedebage Bakal jadi Wilayah yang Paling Terdampak Akibat Sesar Lembang, Ini kata Warga

JABAR EKSPRES – Tengah gencar diberitakan soal Gedebage yang bakal jadi wilayah paling terdampak apabila terjadi gempa bumi yang diakibatkan oleh aktifitas Sesar Lembang.

Mengacu pada laman Badan Meteorologi Klimatologi Geofisika (BMKG) Bandung, Sesar Lembang memiliki potensi menghasilkan guncangan enam hingga tujuh skala magnitudo. Hal ini berkemungkinan bisa meluluhlantahkan Kota Bandung.

Hal ini pun dipertegas oleh Riset yang dilakukan peneliti Pusat Survei Geologi ESDM, Marjiyono. Dalam kajiannya, apabila Sesar Lembang menghasilkan gempa sebesar 6,8 skala ricther (SR), guncangan di Gedebage diperkirakan jauh lebih besar sebanyak 16,5 dari guncangan yang melanda Lembang.

Menanggapi hal ini, salah satu warga asal Kecamatan Gedebage, Ali Ghozali (26) menanggapai santai perihal temuan tersebut. Menurutnya, hal itu masih sebatas prediksi.

BACA JUGA: Kota Cimahi Masuk Jalur Sesar Lembang, Ini Langkah Pemkot

“Itu kan masih prediksi, bener atau tidaknya kan belum terbukti. Cuman ya kalau memang benar, semoga tidak sampai seperti itu,” katanya kepada Jabar Ekspres lewat pesan seluler, Senin (8/1)

Namun diakui Ali, Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung perlu mencari terkait kebenaran informasi tersebut. Menurutnya, Hal itu agar tidak timbul kekhawatiran dari masyarakat setempat.

“Kalau bisa mah diteliti lagi bener enggak itu teh, biar jelas juga informasinya. Manusiawi, saya juga takut denger kabar begitu,” ungkapnya.

Di tempat lain, Warga Panghegar, Sony (28) mengungkapkan, dirinya telah mengetahui perihal kabar tersebut lewat pemberitaan media. Namun diakuinya, hal tersebut masih sebatas prediksi.

“Banyak baca juga soal kabar ini, cuman rata-rata yang saya lihat datanya itu kurang lebih dituliskan pada tahun 2011 si penelitiannya. Jadi mungkin sekarang seharusnya ada pembaharuan,” ujarnya

Namun terlepas dari hal tersebut, dirinya berharap, bencana sebesar itu tak terjadi di Kota Bandung.

“Siapa sih yang mau bencana besar sepert itu. Doa saya semoga aman-aman saja, dan tak terjadi hal-hal seperti itu,” harapnya.

BACA JUGA: Andai Sesar Lembang Bergerak, Gedebage Paling Parah?

BMKG Bandung pun menghimbau agar masyarakat tak usah panik terkait fenomena sesar lembang yang tengah gencar diberitakan.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan