Pasca Kecelakaan KA Turangga dan KA Lokal Bandung Raya, Rute Kereta Bandung Dialihkan ke Purwokerto

JABAR EKSPRES– PT Kereta Api Indonesia (Persero) mengalihkan rute dua kereta api menuju Bandung melalui Purwokerto, Jawa Tengah, pasca-kecelakaan yang melibatkan KA Turangga dengan KA Lokal Bandung Raya pada Jumat, 5 Januari 2023 pagi. Peristiwa itu terjadi di KM 181+700 pada petak jalan antara Stasiun Haurpugur dan Stasiun Cicalengka, Kabupaten Bandung.

Kepala Humas PT KAI Daop 8 Surabaya, Luqman Arif, menyampaikan permohonan maaf atas perubahan rute yang diterapkan. Ia menegaskan bahwa langkah ini diambil demi keselamatan penumpang dan kru kereta api.

Ada dua kereta api yang terkena dampak perubahan rute ini, yakni KA Pasundan relasi Surabaya Gubeng–Kiaracondong dan KA Argo Wilis relasi Surabaya Gubeng–Bandung.

KA Pasundan dijadwalkan berangkat dari Stasiun Gubeng Surabaya pukul 05.50 WIB, sementara KA Argo Wilis dijadwalkan berangkat pada pukul 08.15 WIB.

Luqman Arif menjelaskan dalam keterangannya, kebijakan pengalihan rute ini dipilih untuk memastikan kelancaran perjalanan dan keamanan seluruh penumpang. Meskipun perubahan ini dapat menyebabkan ketidaknyamanan bagi penumpang, namun keselamatan tetap menjadi prioritas utama.

BACA JUGA: Mobil Fortuner Terbakar Hebat di Gunung Putri, Ternyata Ini Sebabnya!

Terkait dengan korban jiwa atau luka dari petugas KAI atau penumpang yang terlibat dalam kecelakaan di petak jalan antara Stasiun Haurpugur dan Stasiun Cicalengka, Luqman menyampaikan bahwa pihaknya masih menunggu informasi resmi dari Daop 2 Bandung.

Hingga saat ini, tidak ada korban jiwa dari tabrakan KA Turangga dengan KA Lokal Bandung Raya itu. Namun, 22 orang mengalami luka-luka sehingga dibawa ke rumah sakit terdekat.

Sebagai langkah preventif dan transparansi, PT KAI Daop 8 Surabaya berkomitmen untuk terus memberikan informasi terbaru kepada publik seiring dengan perkembangan situasi.

Mereka juga mengimbau para penumpang untuk memantau perkembangan melalui kanal resmi PT KAI atau menghubungi pusat informasi KAI untuk mendapatkan informasi terkini.

Pengalihan rute ini diharapkan dapat membantu proses investigasi dan perbaikan yang diperlukan di petak jalan yang mengalami kecelakaan.

PT KAI Daop 8 Surabaya berharap agar penumpang dapat memahami dan mendukung langkah-langkah yang diambil demi keselamatan bersama.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan