Dorong Pembangunan dan Peningkatan Kesejahteraan Kota Cimahi, Penyerahan DPA Tahun 2024 

JABAR EKSPRES – Pemerintah Kota Cimahi telah menyerahkan Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA) tahun 2024 kepada berbagai Organisasi Perangkat Daerah (OPD). PJ Wali Kota Cimahi, Dicky Saromi, secara resmi melakukan penyerahan di lantai Empat Mal Pelayanan Publik (MPP).

Dana untuk DPA SKPD berasal dari PAD Cimahi, transfer pusat, dan provinsi. Ini merupakan amanah yang diberikan kepada Kota Cimahi agar dilaksanakan dengan sebaik mungkin.

“Saya membagikan DPA untuk SKPD tahun 2024, artinya kalau sudah saya bagikan itu artinya semua proses sudah kita tempuh dan siap untuk di laksanakan,” ucap Pj Wali Kota Cimahi, Dicky Saromi saat ditemui awak media di Gedung MPP belum lama ini.

BACA JUGA: Dewan Sayangkan Pembangunan JPO Gasibu Tak Dapat Alokasi Anggaran di 2024

Dicky menuturkan, mulai dari perencanaan hingga pelaksanaan, penting untuk merinci penataan, jadwal, dan progres agar mencapai hasil sesuai harapan.

“Jadi perencanaan sudah selesai, penatausahaan keuangan sudah selesai, sekarang pelaksanaan,” ucapnya.

“Artinya itu amanah yang dititipkan pada kita, saya minta itu sebaik-baiknya dilaksanakan,” tegas Dicky.

Dalam rangka pelaksanaan Rencana Pembangunan Daerah (RPD) hingga 2026, yang menjadi dasar sebelum RPJPD dan RPJMD, langkah-langkah telah diambil untuk meningkatkan belanja publik. Ini mencakup penataan ruang publik, revitalisasi taman, dan peningkatan alun-alun sebagai bagian dari skala prioritas yang sama di tahun 2024.

“Untuk dananya sendiri Rp. 1.6 Triliun, artinya ini sudah ada peningkatan dari tahun 2023 jadi itu yang kita lakukan,” tutur Dicky.

Dicky menambahkan, pembangunan infrastruktur, fokus terutama dialihkan kepada sektor jalan dan aspek lingkungan serta kesehatan masyarakat. Upaya termasuk pembenahan sistem air bersih, perbaikan MCK, penyelesaian program ODF di sejumlah kelurahan, dan penanganan masalah sampah.

“Karena kita mengarah pada zero TPA nantinya, dimana yang kita lakukan itu pengelolaan sampah, seperti komposting yang dilakukan di setiap wilayah, dan setelah nanti TPS Santiong beroperasi itu juga sudah kita siapkan,” ungkapnya.

Selanjutnya, pemerintah kota berupaya mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat melalui kegiatan belanja publik, dengan fokus pada dukungan terhadap UMKM dan penyelenggaraan berbagai event yang akan memberikan semarak pada Kota Cimahi.

Writer: Firman Satria

Tinggalkan Balasan