Orang Cimahi Tapi Mengaku Orang Bandung, Ternyata Akibat 5 Alasan Ini!

JABAR EKSPRES – Siapa nih yang ga asing dengan nama Cimahi? Ternyata, orang yang hidup di Cimahi yang dikepung oleh wilayah Bandung Raya ini ternyata masih mengaku sebagai orang Bandung. Padahal Cimahi merupakan kota sendiri dan Bandung merupakan wilayah sendiri.

Berdasarkan catatan sejarah, Cimahi melepaskan diri dari Kabupaten Bandung dan menjadi kota otonom sendiri pada tahun 2001. Sebelumnya, Cimahi merupakan sebuah kecamatan yang berada di wilayah Kabupaten Bandung.

Sudah hampir 22 tahun semenjak Cimahi menjadi kota otonom, hingga kini warga di sana masih enggan mengakui status mereka. Kira-kira, kenapa ya orang Cimahi sering mengaku sebagai orang Bandung?

BACA JUGA: Sejarah Panjang Nama “Kopo” Bandung

Ternyata, ada 5 alasan mengapa orang Cimahi sering mengaku sebagai orang Bandung. Apakah salah satunya karena di sana tak ada bioskop? Mari kita bahas!

1. Biasanya masyarakat yang hidup di perbatasan antara Kota Cimahi dan Kota Bandung sering mengaku sebagai warga Bandung. Mereka merasa, orang-orang lebih banyak mengenal Bandung daripada Cimahi.

2. Lahir di Bandung, namun besar di Cimahi. Warga seperti ini sangat banyak berseliweran di masyarakat. Bahkan, mereka pun berdalih jika asal lahir mereka adalah Kota Bandung.

3. Masyarakat yang lebih suka nongkrong di Kota Bandung dibanding Kota Cimahi. Padahal, di daerah yang berjulukan kota tentara itu juga telah banyak lokasi wisata, kafe modern, dan lain-lain.

BACA JUGA: Terungkap! Tenyata di Sini Titik Tengah Provinsi Jawa Barat

4. Biasanya mereka yang tinggal di Kota Cimahi, namun beraktivitas di Bandung. Banyak diantara masyarakat tersebut yang bersekolah dan bekerja di wilayah Bandung Raya sehingga mereka enggan dipanggil orang Cimahi.

5. Bandung lebih maju daripada Cimahi. Bisa dibayangkan bagaimana ceng-cengan warga Bandung kepada warga Cimahi yang harus keluar kota dulu untuk menonton bioskop? Ini merupakan bentuk lebih majunya Bandung daripada Cimahi. Selain itu, banyaknya industri dan roda perekonomian yang berputar di wilayah Bandung membuat Cimahi semakin tertinggal.

Nah, itulah 5 alasan mengapa orang Cimahi sering mengaku sebagai orang Bandung. Walaupun sesama hidup di Bandung Raya, namun konstitusi sudah memisahkan. (*)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan