John Williams: Komitmen Tak Tergoyahkan dalam Harmoni Film dan Musik Klasik

JABAR EKSPRES – Dalam sebuah kisah yang menginspirasi di dunia perfilman, komposer legendaris, John Williams, mengejutkan banyak orang dengan mengumumkan bahwa ia tidak berniat untuk pensiun, meskipun usianya telah mencapai 91 tahun. Bagi Williams, semangat berkarya tetap menyala, dan jika ada tawaran menarik di dunia perfilman, mengapa harus menolak?

John Williams, yang dikenal sebagai otak di balik berbagai scoring dan musik khas dari sejumlah film ikonis seperti “E.T the Extra-Terrestrial,” “Star Wars,” dan tiga film pertama saga “Harry Potter,” membuka pintu untuk kemungkinan-kemungkinan baru. Dalam wawancara dengan The Times, seperti dilansir oleh Deadline pada Minggu (31/12), Williams menyatakan, “Bila sebuah film datang yang membuat saya sangat tertarik, dengan sebuah jadwal yang bisa saya tangani, maka saya tak akan menyia-nyiakannya.”

“Semuanya mungkin. Semuanya ada di hadapan kita. Hanya keterbatasan yang menghambat kita. Atau, sederhananya: Saya suka berpikiran terbuka,” tambahnya dengan penuh semangat.

Sebelumnya, John Williams sempat mengguncang dunia perfilman dengan pernyataan akan pensiun setelah terlibat dalam proyek film “Indiana Jones and the Dial of Destiny.” Namun, seperti kata Williams sendiri, dia tidak terlalu suka dengan pernyataan besar yang tegas dan mengatakan, “Jika saya membuat sebuah pernyataan tanpa memberikannya konteks, maka saya mencabut pernyataan itu.”

Tidak hanya membahas rencana masa depannya, Williams juga membagikan pandangannya tentang hubungan antara dunia film dan musik klasik yang telah ia jalani selama beberapa dekade. Dia merenungkan perubahan mendasar dalam persepsi masyarakat terhadap musik film dan bagaimana keduanya kini semakin saling terikat.

“Tiga puluh atau empat puluh tahun yang lalu, ketika saya membawa program musik film ke salah satu orkestra besar kita, mungkin akan ada sikap merendahkan,” kenang Williams. “Saya mengerti itu; saya mengerti nilai dari hal-hal yang dibuat di dunia komersial dan tempatnya dalam dunia seni. Tapi saat ini, hal-hal sudah berbeda,” tambahnya.

Williams menegaskan bahwa sebagai seniman, ia selalu membuka diri terhadap perubahan dan perkembangan di industri kreatif. Dengan penuh harapan, ia melihat masa depan yang gemilang bagi karya-karya orisinal yang lahir dari keterhubungan dunia musik dan film.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan