Bikin Panik Warga, Info Peta Episentrum Gempa Sumedang Hoax!

JABAR EKSPRES – Usai digempur gempa bumi sejak 31 Desember 2023 hingga 3 Januari 2024 pagi, Warga Sumedang mulai khawatir. Terlebih kini banyak sekali informasi bohong alias hoax yang mulai berkeliaran di media sosial.

Informasi yang tidak dapat dipertanggung jawabkan itu sudah tersebar luas, yang dimana menyebutkan bahawa sejumlah daerah akan terdampak oleh gempa hingga menimbulkan kepanikan.

Informasi tersebut tidak memiliki dasar yang kuat dan jelas, seperti yang telah ditelusuri oleh otoritas terkait.  Peta yang beredar ini tidak didukung oleh sumber resmi atau pakar geologi terpercaya.

BACA JUGA: Walhi Jabar Soroti Konflik Agraria, Pemerintah Diminta Berpihak Pada Warga

Sehingga para ahli menyatakan bahwa informasi yang tersebar merupakan hasil manipulasi dan hoaks yang tidak bertanggung jawab.

Ditegaskannya, episentrum gempa tidak bisa diprediksi secara pasti. Berita palsu ini sangat merugikan dan dinilai mengganggu ketenangan warga.

Maka dari itu, ada baiknya memastikan kebenaran terlebih dahulu. Tetap waspada.

Artikel ini telah tayang di Sumedang.jabarekspres.com dengan Judul https://sumedang.jabarekspres.com/2024/01/03/info-hoax-peta-episentrum-gempa-sumedang/

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan