Libur Tahun Baru, Jumlah Penumpang di Terminal Cicaheum Naik 30 Persen

JABAR EKSPRES – Momen pergantian tahun dan libur saat tahun baru 2024, membawa berkah tersendiri bagi bidang transportasi. Hal itu dibuktikan dari membludaknya penumpang di Terminal Cicaheum ketimbang tahun sebelumnya. Bahkan, hal ini tercatat sejak 27 Desember 2023.

Kepala Terminal Cicaheum, Roni Hermanto menyebutkan, terlebih lagi saat beberapa hari sebelum libur tahun baru, pada Kamis, 28 Desember 2023, persentase penumpang bus tersebut naik menjadi 35 persen.

“Tahun (2024) ini, kalau angka tidak bisa menerka. Tapi diperkirakanada kenaikan 30 persen,” ungkap Roni kepada Jabar Ekspres, Selasa (2/1).

BACA JUGA: Gempa di Sumedang Masuk Kategori Merusak, Pemerintah Upayakan Penanganan Pasca Bencana

Pada tahun 2024, kata Roni, pihaknya menyiapkan 163 unit armada. Guna melancarkan momen libur tahunan tersebut, disiapkan ada sebanyak 93 bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP).

Serta ada sekira 70 unit bus antar kota dalam provinsi (AKDP). “Adapun untuk kesiapan personil, 60 personil gabungan disiapkan. Dari pengujian dan unit pelaksana tugas (UPT) terminal,” tambahnya.

Dia memastikan bahwa momen libur tahun baru berjalan lancar. Apalagi pihaknya sudah menyediakan dua posko yang siap siaga di sekitar terminal. Posko keamanan dan kesehatan yang melibatkan sejumlah instansi pemerintah.

Selain itu, pengendara atau sopir bus pun menjalani tes kesehatan. Diantaranya seperti mengadakan uji atau tes urine bagi para sopir bus. Hal tersebut diupayakan pihaknya guna keselamatan para penumpang.

“Kami menyiapkan semaksimal mungkin pelayanan terhadap penumpang yang ingin pulang ke kampung halaman. Kami mempersiapkan supaya kendaraan laiak,” jelas Roni.

Adapun untuk fasilitas tambahan, Roni memastikan, pihaknya bekerja sama dengan kepolisian dan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bandung. Dua instansi tersebut menyediakan pos keamanan dan kesehatan.

“Dan ada penambahan ruang tenda tunggu. Sudah berdiri ada dua ruang tunggu, tenda. Kami antisipasi apabila penumpang membludak,” pungkasnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan