5 Gempa Bumi Paling Mematikan yang Tercatat dalam Sejarah, Kekuatan Alam yang Sangat Dahsyat!

Gempa Bumi Jepang 2011

Gempa bumi di Jepang pada tahun 2011 merupakan gempa megathrust dengan magnitudo 9,0 yang terjadi pada 11 Maret 2011, di lepas pantai wilayah Tōhoku di Jepang bagian timur laut.

Gempa ini memicu tsunami besar yang menghancurkan banyak wilayah pesisir, menewaskan lebih dari 15.000 orang, dan menyebabkan bencana meledaknya reaktor nuklir di Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir Fukushima Daiichi.

Gempa ini merupakan gempa terkuat yang pernah tercatat di Jepang dan yang keempat terkuat di dunia sejak dimulainya pencatatan modern pada tahun 1900.

Gempa ini juga dikenal sebagai Gempa Besar Timur Jepang atau Gempa Besar Tōhoku.

Gempa Bumi Kamchatka 1952

Gempa bumi Kamchatka tahun 1952 merupakan gempa megathrust dengan magnitudo 9,0 yang terjadi pada 4 November 1952, di lepas pantai Semenanjung Kamchatka, Rusia.

Gempa ini menghasilkan tsunami dahsyat yang menewaskan lebih dari 10.000 orang di Kepulauan Kuril dan menyebabkan kerusakan di banyak wilayah sekitar Samudera Pasifik.

Gempa ini menjadi gempa terkuat yang pernah tercatat di Rusia dan yang kelima terkuat di dunia sejak dimulainya pencatatan modern pada tahun 1900.

Tsunami besar menyebabkan kerusakan di sekitar Semenanjung Kamchatka dan Kepulauan Coral.

Tsunami ini mencapai Alaska, Chili, dan Selandia Baru, namun hanya menyebabkan kerusakan terbatas dan sedikit korban.

BACA JUGA: Mengenal Sesar Lembang: Patahan Berbahaya yang Menjadi Surga Wisata

Bencana gempa bumi dalam sejarah ini memberikan gambaran tentang kekuatan alam yang luar biasa dan pentingnya kewaspadaan serta penanganan bencana untuk melindungi masyarakat di seluruh dunia.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan