Jaga Kualitas Hidup, BRI Peduli Ajak Masyarakat Jaga Ekosistem Sungai dan Lingkungan

JABAR EKSPRES – Terus berkontribusi diberbagai bidang, termasuk di bidang sosial dan lingkungan, melalui aktivitas Corporate Social Responsibility (CSR) BRI Peduli kembali gulirkan program ‘Jaga Sungai Jaga Kehidupan’.

Lewat kegiatan ini BRI berupaya mendorong perbaikan dan revitalisasi sungai di sejumlah wilayah di Indonesia, terutama yang tingkat pencemaran airnya sangat tinggi terutama akibat sampah yang menumpuk.

Lewat program ini pula, BRI mengajak masyarakat untuk menjaga ekosistem sungai atau kali bersama-sama, khususnya mengedukasi masyarakat untuk tidak membuang sampah ke sungai.

Di tahun 2023, program ‘Jaga Sungai Jaga Kehidupan’ kembali dilakukan dan kali ini dilakukan di 100 titik sungai atau kali yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia.

Program ‘Jaga Sungai Jaga Kehidupan’ ini dilakukan melalui 18 Regional Office BRI yang berada di seluruh Indonesia dan telah dilakukan sejak tahun 2020 di berbagai wilayah di Indonesia.

Wakil Direktur Utama BRI Catur budi Harto mengungkapkan bahwa program ini dilaksanakan untuk mengembalikan fungsi asli sungai sebagai sumber kehidupan masyarakat.

“Kami ingin sungai-sungai di negeri ini kembali sebagaimana fungsi asalnya, yakni sebagai ruh kehidupan bagi masyarakat di sekitar sungai. Sungai dapat menjadi penyangga kesehatan, ekonomi, sosial, budaya masyarakat yang ada,” ungkapnya.

BACA JUGA: Hadiri WEF 2024 Dirut BRI Bicara Tentang Artificial Intelligence, Tingkatkan Produktivitas Hingga Penguatan Regulasi

Catur menambahkan, “Kita banyak melihat peradaban terbangun dari sungai yang ada dalam suatu wilayah yang menyebabkan masyarakatnya tumbuh dan memberikan kontribusi yang nyata bagi kehidupan mereka. Untuk itulah BRI hadir mengembalikan ruh sungai sebagai mana mestinya,” jelasnya.

Program Jaga Sungai Jaga Kehidupan yang dilaksanakan oleh BRI ini menerapkan konsep Triple Bottom Line, yaitu Pro People, Pro Planet dan Pro Profit. Mengusung semangat Pro Planet dan Pro People, BRI tidak hanya melakukan normalisasi, pembersihan, pengerukan sungai.

Lebih dari itu, BRI juga membangun sejumlah sarana dan prasarana seperti taman, ruang terbuka hijau, dan area ramah anak, serta juga mengedukasi masyarakat mengenai pemeliharaan aliran sungai yang sehat yang bermanfaat bagi kehidupan. Hal ini sesuai tujuan program tersebut untuk menjaga ekosistem kehidupan di sekitar sungai.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan