Nyamuk Wolbachia, Senjata Baru Lawan Demam Berdarah!

JABAR EKSPRES – Nyamuk hasil rekayasa Wolbachia udah dilepas di Indonesia, nih. Ada uji coba seru buat mencegah penyebaran demam berdarah yang dilakukan di lima wilayah tanah air.

Jadi, menurut info, lima wilayah yang jadi percobaan ada di Semarang, Jakarta Barat, Bandung, Kupang, dan Bontang. Proyek keren ini berdasarkan Keputusan Menteri Kesehatan RI Nomor 1341 tentang Penyelenggaraan Pilot Project Implementasi Wolbachia sebagai inovasi penanggulangan dengue.

Cerita tentang nyamuk Wolbachia ini udah dimulai sejak 2011 di Yogyakarta, loh.

BACA JUGA: Dinkes Kota Sukabumi: Nyamuk 5x Lebih Sering Menggigit di Musim Kemarau

Proses penelitian Wolbachia ini melewati dua fase. Dimulai dari persiapan dan pelepasan nyamuk dalam skala terbatas dari 2011 sampai 2015.

Wolbachia sendiri udah diuji coba di beberapa negara seperti Brasil, Australia, Vietnam, Fiji, Vanuatu, Mexico, Kiribati, New Caledonia, dan Sri Lanka.

Oh iya, Wolbachia ini punya kemampuan unik. Dia bisa melumpuhkan virus dengue yang ada dalam nyamuk aedes aegypti. Jadi, harapannya sih, nyamuk ini gak bakal lagi jadi kurir penyakit buat kita.

BACA JUGA: Rumah Menjadi Sarang Nyamuk? Ketahui Cara Menghilangkannya

Nyamuk Wolbachia jantan dirombak supaya bisa kawin dengan nyamuk aedes aegypti betina. Jadinya, virus dengue yang ada di nyamuk betina bisa diblokir dan nggak bakal disebarin lagi.

Kalau Wolbachia betina kawin dengan nyamuk jantan biasa, telurnya nanti punya Wolbachia juga. Keren, kan? Semoga ini jadi solusi canggih buat mencegah demam berdarah di tanah air kita!

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan