Semua RW di Kota Cimahi Wajib Miliki Bank Sampah

JABAR EKSPRES – Semua RW di Kota Cimahi didorong untuk memiliki bank sampah. Hal ini dilakukan untuk menekan angka sampah yang dibuang ke TPA Sarimukti, Kabupaten Bandung Barat (KBB).

Menurut Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Cimahi, Chanifah Listyarini, konsep bank sampah di seiap RW nantinya tidak akan beda jauh dengan Bank Samici Kota Cimahi. Diharapkan, setiap RW nantinya dapat mengolah sampah anorganik yang mempunyai harga tinggi.

“Kemudian yang nanti juga bisa saja ada yang bisa kelola sampah sampah organiknya dengan komposting dan maggotisasi. Rencananya seperti itu sehingga organiknya berkurang yang harus kita kirim ke TPA Sarimukti,” ucap Chanifah Listyarini, dilansir dari Pemkot Cimahi.

BACA JUGA: Cimahi Terancam Jadi “Lautan Sampah”, Pemkot Imbau Warga Pilah Sampah

Lanjutnya, arahan untuk membentuk bank sampah ini sudah digalakan. Hal ini terlihat dari program Gerakan Orang Cimahi Pilah Sampah alias Grak Ompimpah yang tengah berlangsung.

Lalu, pihaknya mengimbau kepada stakeholder seperti PKK, LPM, Karang Taruna, dan aparat kewilayahan untuk membentuk tim. Diharapkan hal ini bisa menyelesaikan masalah sampah di wilayah masing-masing.

“Itu yang nanti bersama-sama dengan kita yang menyelesaikan permasalahan sampah di masing-masing wilayah. Kami juga siapkan pendamping di masing-masing kelurahan. Itu yang sudah kita lakukan,” ungkapnya. (*)

BACA JUGA: Kurangi Sampah Organik, Pemkot Bandung Dalami Efektivitas Magot

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan