Pemkot Banjar Suntik Dana Segar Rp150 Miliar untuk Perumdam Tirta Anom

JABAR EKSPRES – Pemerintah Kota Banjar akan memberikan suntikan dana segar untuk Perusahaan Umum Daerah (Perumdam) Tirta Anom Kota Banjar. Penyertaan modal dari sumber APBD Banjar itu sebesar Rp150 miliar.

“Mekanisme penyaluran penyertaan modal akan dilaksanakan secara bertahap dari mulai tahun 2024 hingga 2028,” kata Ketua DPRD Banjar Drs. H. Dadang R Kalyubi, Rabu, 27 Desember 2023.

BACA JUGA: Tim Reaksi Cepat Perumdam Tirta Anom Kota Banjar Atasi Aduan Pelanggan di Lapangan Dengan Hal Ini

Dadang menyebut, saat ini pihaknya sudah menggelar rapat paripurna hasil pembahasan tiga buah rancangan Peraturan Daerah (Raperda), salah satu di antaranya merupakan Raperda penyertaan modal untuk Perumdam Tirta Anom Kota Banjar.

“Kita sudah paripurnakan hasil pembahasan Raperdanya. Penambahan penyertaan modal itu akan dilakukan secara bertahap mulai tahun depan,” kata Dadang Kalyubi.

Ia juga menyebut penyertaan modal yang akan diberikan secara bertahap dari APBD Banjar itu akan disesuaikan dengan kebutuhan program berdasarkan hasil evaluasi dan rencana bisnis perusahaan plat merah tersebut.

“Kami berharap dengan adanya penambahan modal ini, Perumdam Tirta Anom Kota Banjar bisa meningkatkan pelayanan bagi pelangga,” ujarnya.

BACA JUGA: Hadapi Musim Hujan, Perumdam Tirta Anom Kota Banjar Lakukan Hal Ini

Pj Wali Kota Banjar Ida Wahida Hidayati mengatakan jangka penyertaan modal tersebut akan berlangsung selama lima tahun anggaran.

Penyertaan modal tersebut tambah dia, untuk meningkatkan sarana prasarana optimalisasi pelayanan air bersih kepada pelanggan.

“Salah satunya untuk revitalisasi pipa utama distribusi air bersih yang saat ini kondisinya sudah banyak kebocoran hingga mengganggu pelayanan jaringan air bersih ke rumah pelanggan,” katanya. (CEP)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan