Kenali Jenis Standar Sepeda Motor

JABAR EKSPRES – Setiap sepeda motor umumnya dilengkapi dengan standar yang berfungsi sebagai penahan atau penyangga ketika sepeda motor dalam keadaan diam, seperti saat diparkir, berdiri tegak selama perbaikan, mencuci, atau saat mengganti oli.

Sub Department Head Technical Service PT Daya Adicipta Motora, Ade Rohman menjelaskan, “Standar adalah salah satu komponen yang sangat penting di dalam sebuah sepeda motor yang berfungsi untuk menopang dan menyangga sepeda motor ketika berada dalam keadaan diam atau parkir. Oleh karena itu, standar sepeda motor merupakan komponen penting untuk menjaga kestabilan dan keamanan sepeda motor dalam berbagai situasi dan kondisi.”

Baca juga: AHM Umumkan Harga Honda EM1 e: dan EM1 e: PLUS

Pada umumnya, standar sepeda motor terdiri dari dua jenis, namun kali ini kita akan membahas empat jenis standar yang biasanya digunakan pada sepeda motor. Berikut adalah keempat jenis standar tersebut, di antaranya :

1. Standar Samping

Posisi standar ini berada di sebelah kiri bawah sepeda motor. Standar samping memiliki fungsi sebagai penahan sepeda motor saat parkir. Khusus untuk produk sepeda motor jenis skutik Honda, terdapat fitur yang disebut Side Stand Switch, di mana mesin tidak dapat dinyalakan saat standar samping dalam posisi turun. Hal ini bertujuan untuk mencegah pengendara lupa menaikkan standar samping.

2. Standar Tengah

Punya nama lain standar ganda, standar tengah berada tepat di poros tengah di bawah mesin. Bagian ini memiliki beberapa fungsi penting, di mana standar ini harus digunakan saat melakukan penggantian oli, menyalakan kick starter untuk sepeda motor matic, dan juga saat mencuci sepeda motor atau melakukan perbaikan. Standar tengah lebih optimal untuk menjaga agar sepeda motor tetap dalam keadaan tegak dan stabil saat melakukan aktivitas dengan sepeda motor dalam kondisi diam.

3. Standar Paddock

Standar ini sebenarnya berupa aksesoris yang dijual terpisah dan digunakan pada sepeda motor jenis motor sport yang tidak dilengkapi standar tengah. Sesuai dengan namanya, standar paddock sebenarnya digunakan oleh para mekanik pada unit sepeda motor balap, baik sebelum start maupun ketika berada di paddock.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan