Kenalan dengan Kuna dan Jelita, Dua Harimau Koleksi Baru Kebun Binatang Bandung

Kebun Binatang Bandung punya koleksi baru. Yakni dua harimau berukuran besar.

Hendrik Muchlison, Jabar Ekspres.

Pertama adalah Harimau Siberia jantan yang dinamai Kuna. Lalu Harimau Benggala betina yang bernama Jelita.

Kehadiran dua harimau itu jadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung. Kedua harimau itu ditempatkan di tempat yang terpisah. Jelita masih ditempatkan di kandang berjeruji, sementara Kuna ditempatkan di kandang yang lebih terbuka.

Kandang Kuna ada di samping kandang tapir. Pengunjung juga bisa melihat langsung harimau tersebut dari jarak yang agak lebih dekat tapi tetap aman.

Ciri khas kedua harimau itu nampak dari ukurannya. Keduanya masuk spesies harimau dengan ukuran besar. Harimau Siberia habitatnya di wilayah Rusia dan berstatus binatang yang dilindungi.

Ukuran Harimau Siberia biasanya memiliki panjang antara 2,7 – 3,3 meter dengan bobot antara 180-300 kilogram. Harimau itu termasuk hewan yang suka menyendiri.

Sementara Harimau Benggala memiliki habitat asli dari India. Harimau ini tergolong yang memiliki gigi taring lebih besar dan panjang. Dari sisi ukuran badan, harimau ini juga termasuk besar. Panjang harimau jantang bisa mencapai 3,2 meter dengan berat hampir 295 kilogram.

Humas Kebun Binatang Bandung Sulhan Syafii mengungkapkan, kedua harimau itu sama-sama masih berusia 4 tahun. “Itu hasil tukar dengan Lembang Park and Zoo,” katanya kepada Jabar Ekspres.

Pria yang akrab dipanggil Aan itu menambahkan, kedua harimau itu baru datang pada Rabu (20/12) lalu. Sehingga masih sangat baru di Kebun Binatang Bandung. “Paling juga baru tiga hari keluar kandang,” tuturnya.

Harapannya, kedua harimau pertukaran dengan hippo kerdil itu bisa menjadi tontonan menarik pengunjung. Utamanya di momen Libur Natal dan Tahun Baru ini.(son)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan