Menyoal Perilaku Masyarakat Dalam Konteks Pencarian Informasi

Generasi Z, adalah generasi yang lahir dimana akses terhadap informasi, khususnya internet, sudah menjadi budaya global, antara tahun 1997 hingga 2012. Penguasaan mereka terhadap informasi dan teknologi cenderung lebih baik dibandingkan generasi sebelumnya. Gen Z juga memiliki pandangan, nilai, dan tujuan hidup yang dipengaruhi oleh keberadaan teknologi dan informasi sebagai bagian integral dari kehidupan mereka. Mereka mengakses dan memanfaatkan teknologi digital di keseharian.

Perilaku masyarakat dalam pencarian Informasi

Penggalian data diambil dari responden dengan domisili Jakarta, Bogor, Depok, Tanggerang, dan Bekasi. Pada prinsipnya, perilaku antara gen X dan Z memiliki kecenderungan yang sama dalam konteks pencarian informasi.

Kedua generiasi menggunakan media sosial menjadi tulang punggung utama sebagai sumber pertama. Sementara media konvensional lainnya, seperti televisi, radio, dan media cetak tetap digunakan sebagai media penunjang. Media sosial dominan antara lain Instagram, Tiktok, dan Youtube.

Dalam konteks pencarian informasi Gen X lebih memperhatikan hal-hal yang substansif, misalnya dalam hal mempercayai informasi. Generasi ini lebih memilih untuk memastikan keabsahan informasi pada media konvensional seperti media massa arus utama (media mainstream). Demikian pula dengan memastikan tingkat kredibilitas, Gen X cenderung terlebih dahulu memahami latar belakang media penyampai informasi. Oleh sebab itu, dalam konteks subtansi informasi, Gen X masih lebih hati-hati daripada Gen Z.

Generasi Z cenderung lebih responsif pada perkembangan baru, meski kredibilitas informasi belum teruji. Sejauh informasi tersebut dianggap sesuai dengan pengalaman mereka, mereka merasa tidak perlu melakukan verifikasi lebih lanjut. Gen X cenderung tertarik pada informasi yang bersifat visual dan interaktif. Karakteristik informasi yang paling sering diakses adalah informasi yang sedang tren di media sosial, dan gaya hidup. Tingkat kepercayaan mereka terhadap informasi sebagian besar bergantung pada kredibilitas influencer.

Bijak dalam menggunakan teknologi pencarian informasi

Generasi yang secara umum memiliki perspektif urban, sudah memiliki kebiasaan yang serupa, yakni lebih banyak menggunakan media dengan platform digital yang berbasis daring, seperti media berita daring, media sosial, dan media baru lainnya.

Tinggalkan Balasan