5 Tips Kebugaran yang Bikin Liburan Makin Seru!

JABAR EKSPRES – Liburan akhir tahun, momen yang dinanti-nantikan oleh banyak orang. Beberapa bahkan sudah menyiapkan rencana liburan bersama orang-orang terkasih. Meski begitu, dalam euforia liburan, kita perlu tetap memperhatikan kesehatan. Dr. Irwan Heriyanto, Chief of Medical Halodoc, mengingatkan bahwa aktivitas tinggi, perjalanan jauh, dan kelelahan dapat meningkatkan risiko terkena penyakit. Jadi, bagaimana kita bisa menikmati liburan tanpa khawatir akan kesehatan kita?

1. Vaksinasi sebagai Langkah Perlindungan

Memasuki libur akhir tahun, kasus penyakit seperti Covid-19 dan pneumonia muncul. Vaksinasi menjadi langkah antisipatif yang penting. Selain vaksinasi Covid-19, pertimbangkan juga vaksin flu sebagai tambahan perlindungan, mengingat virus influenza ada sepanjang tahun di Indonesia. Untuk mencegah pneumonia, vaksinasi PCV dapat menjadi pilihan bijak. Halodoc memudahkan Anda mendapatkan vaksin tanpa perlu banyak waktu dan tenaga.

2. Tetap Mengonsumsi Air Putih

Saat liburan, seringkali kita lupa untuk minum air putih yang cukup. Padahal, kebutuhan air putih harian manusia tidak dapat digantikan oleh minuman lainnya. Jadi, pastikan untuk tetap mengonsumsi air putih agar tubuh tetap terhidrasi dengan baik.

3. Pastikan Tidak Makan Berlebihan

Jangan tergoda oleh berbagai makanan khas daerah yang dikunjungi. Meskipun menggoda, tetap jaga porsi makan harian. Mengonsumsi makanan berlebih dapat meningkatkan risiko diare, gerd, dan masalah kesehatan lainnya.

4. Mandi dengan Air Hangat

Setelah seharian beraktivitas, mandi dengan air hangat bisa menjadi solusi terbaik. Air hangat dapat merilekskan otot yang tegang dan memfasilitasi aliran darah. Ini juga membantu meredakan rasa nyeri pada tubuh, terutama punggung, leher, dan bahu.

5. Tetap Lakukan Olahraga

Meskipun liburan, jangan lupakan olahraga. Berjalan pagi atau menggunakan fasilitas gym di tempat penginapan bisa menjadi pilihan. Tetap melakukan aktivitas fisik ringan membantu menjaga daya tahan tubuh.

Meski sudah mengikuti tips di atas, kemungkinan sakit selama liburan tetap tak terelakkan. Halodoc hadir sebagai solusi dengan akses mudah ke konsultasi dokter dan pembelian obat di lebih dari 4.900 apotek di Indonesia. “Halodoc siap menjadi kotak P3K yang selalu diandalkan oleh masyarakat ketika jatuh sakit,” kata dr. Irwan.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan