Gencarkan Ramp Check Bus dan Angkot, Satlantas Polresta Bogor Pastikan Sopir Bebas Alkohol

JABAR EKSPRES – Satlantas Polresta Bogor kembali menggelar ramp check atau inspeksi keselamatan lalulintas dan angkutan jalan di Terminal Baranangsiang pada Sabtu, 23 Desember 2023.

Dalam kesempatan itu jajaran Satlantas Polresta Bogor Kota bersama Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bogor memeriksa kondisi kelayakan sejumlah bus dan angkot yang melintas.

Tak hanya itu, para sopir yang terjaring operasi ramp check juga diperiksa kesehatan tubuhnya hingga dipastikan terbebas dari konsumsi alkohol atau minuman keras dengan menggunakan alat penguji khusus yakni Breach Alcohol Test.

BACA JUGA: Jelang Nataru, Petugas Lakukan Ramp Check dan Tes Urine Bagi Kendaraan yang Masuk Puncak

“Pada pelaksanaan pengamanan Natal dan tahun baru tahun ini, kami dari Polresta Bogor Kota akan melaksanakan Ramp Check setiap hari, khususnya pada titik-titik terminal saat ini dilaksanakan di terminal Baranangsiang,” kata Kasatlantas Polresta Bogor Kota, Kompol Galih Apria disela-sela kegiatan ramp check.

Galih menyebut, ada tiga poin penting dalam keamanan dan keselamatan di jalan yang perlu diperhatikan pemilik armada kendaraan umum khususnya para sopir yang menempuh perjalanan lintas daerah dan provinsi.

Pertama, memastikan kondisi fisik kendaraan seperti mesin, ban, rem dan lain sebagainya dengan melakukan pengecekan rutin secara berkala.

Kedua, terkait SDM masing-masing kendaraan umum, mulai dari performa daripada sopir, keahlian mengemudi hingga kelengkapan surat-surat kendaraan maupun sopir.

“Dan yang ketiga adalah siap informasi, sopir hari tau dimana titik-titik kepadatan, dimana titik-titik kemacetan sehingga perjalanan dari satu titik ke titik lain atau ketempat lain itu dapat lancar,” kata Galih.

Menurutnya, tiga poin itu harus betul-betul menjadi atensi khusus agar perjalanan dalam suasana liburan natal dan tahun baru ini terhindar dari hal-hal yang tak diinginkan hingga timbulnya fatalitas korban.

BACA JUGA: Cegah Kecelakaan Saat Libur Nataru, Aparat Gabungan Gelar Ramp Check Angkutan Umum

“Kalau tidak laik jalan ya jangan jalan. Artinya keselamatan penumpang ini bukan main-main, tadi juga kami sampai cek konsumsi alkoholnya. Keselamatan penumpang itu sudah berarti itu ada di tangan pengemudi itu sendiri,” tegasnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan