Jelang Nataru, Petugas Lakukan Ramp Check dan Tes Urine Bagi Kendaraan yang Masuk Puncak

JABAR EKSPRES, BOGOR– Jelang libur natal dan tahun baru (Nataru) petugas gabungan TNI-Polri, Dishub dan Badan Narkotika Nasional (BNN) menggelar ramp check di Rest Area KM 45 Tol Jagorawi, Kabupaten Bogor, Jumat (22/12).

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Bogor, Agus Ridho menyampaikan, petugas gabungan rutin mengadakan ramp check menjelang libur natal dan tahun baru di setiap tahunnya.

“Ini menjadi kewajiban kami untuk melakukan pengecekan kendaraan, khususnya yang masuk ke kawasan puncak, ” katanya kepada awak media, Jumat (22/12).

Baca juga: Jelang Nataru, Pj Wali Kota Banjar Ida Wahida Hidayati Sidak Pasar 

Tak hanya memeriksa kendaraan saja, petugas juga memeriksa kesehatan pengendara dengan melakukan tes urine.

Petugas memprioritaskan pengecekan tersebut kepada angkutan barang yang memiliki tonase besar, selain angkutan barang, bus pariwisata juga menjadi sasaran utama oleh Dinas Perhubungan.

“Yang kita lakukan pengecekan adalah pertama angkutan barang, karena memang itu tonasenya cukup besar. Kemudian kedua bus yang membawa penumpang. Ini betul-betul kita lakukan pengecekan terhadap kondisi sopirnya, dites urine. Kemudian, kelayakannya juga kita cek semua,” ujarnya.

Dari hasil pengecekan tersebut, belum didapati adanya pelanggaran. baik secara fisik kendaraan maupun dari tes urine oleh BNN.

Kendati begitu, jika ditemukan pelanggaran, tentunya akan dilakukan sanksi sesuai dengan perundang-undangan yang berlaku.

Ramp check tersebut, kata Agus akan seterusnya dilakukan hingga pelaksanaan tahun baru 2024 mendatang.

“Ini akan terus kita lakukan sampai pelaksanaan tahun baru. Nanti dari kepolisian akan melakukan tindakan jika ada yang melanggar dan mudah-mudahan semua yang kita periksa tidak banyak yang melanggar,” pungkasnya.

Baca juga: Museum Pajajaran Jadi Ikon Baru di Kota Bogor

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan