Harga Tiket Pesawat Nataru Jakarta-Bali, Ada Kenaikan?

JABAR EKSPRES- Harga tiket pesawat nataru. Harga tiket pesawat naik menjelang momen libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024. Kenaikan ini tidak main-main, melainkan cukup signifikan.

Terutama untuk tiket pesawat Jakarta-Bali, harganya melonjak jauh dari harga normal di hari-hari biasa. Syahrial, Kepala Sub Divisi Pengendalian Pelayanan Lalu Lintas Penerbangan AirNav Indonesia, memprediksi puncak arus libur Nataru terjadi pada H-2 Natal, yaitu 23 Desember 2023, dengan arus balik diprediksi pada tanggal 2 Januari 2024.

BACA JUGA: Lonjakan Penumpang di Bandara Soetta Jelang Libur Natal dan Tahun Baru

“Puncak mudik dari momen Nataru ini adalah di H-2 tanggal 23 Desember 2023. Kemudian arus balik tanggal 2 Januari 2024,” ujar Syahrial di Tangerang pada Jumat, 15 Desember 2023.

“Terjadi kenaikan (jumlah pembelian tiket penerbangan) setiap harinya saat masa Nataru,” tambahnya.

Jika kita melihat di online travel agent (OTA), seperti Traveloka, terlihat bahwa harga tiket pesawat rute Jakarta-Bali akhir tahun ini mengalami kenaikan yang cukup signifikan. Biasanya, di hari biasa, harga tiket pesawat Jakarta-Bali hanya sekitar Rp 580 ribu. Namun, menjelang libur Nataru, harga termurah sudah mencapai Rp 1,5 juta, khususnya untuk penerbangan AirAsia dan Super Air Jet pada tanggal 23 Desember 2023.

Kenaikan harga tiket pesawat ini mencapai sekitar 158 persen atau hampir dua kali lipat dari harga normalnya. Artinya, terjadi kenaikan yang cukup drastis pada harga tiket pesawat untuk rute ini.

Untuk perjalanan H-1 Natal, yaitu tanggal 24 Desember, tiket termurah yang tersedia adalah Rp 1,2 juta dengan menggunakan maskapai Citilink rute CGK-DPS. Jika Anda berencana bepergian ke Bali hingga tanggal 31 Desember, harga tiket Jakarta-Bali masih di atas Rp 1 jutaan. Banderol termurah yang bisa Anda dapatkan adalah Rp 1,1 juta dengan menggunakan maskapai Pelita Air rute CGK-DPS.

Meskipun kenaikan harga tiket pesawat mungkin tidak menyenangkan bagi beberapa wisatawan, kita perlu ingat bahwa akhir tahun adalah musim liburan yang padat, di mana permintaan tiket pesawat meningkat dengan cepat. Hal ini juga membuat persaingan antar maskapai semakin ketat, sehingga harga tiket cenderung naik.

Itulah informasi mengenai harga tiket pesawat nataru.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan