Lonjakan Penumpang di Bandara Soetta Jelang Libur Natal dan Tahun Baru

JABAR EKSPRES – Menjelang libur Natal dan Tahun Baru 2024, Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta) Tangerang, Banten, mulai dipadati oleh penumpang. Pada Rabu, 20 Desember 2023, jumlah penumpang diprediksi mencapai 151.668 jiwa dengan 1.029 penerbangan. Jumlah ini meningkat signifikan dibandingkan hari normal.

“Hari ini diprediksi penumpang di Bandara Soekarno Hatta mencapai 151.668 jiwa dengan 1.029 penerbangan. Jumlah ini melonjak dibandingkan hari normal,” ungkap Executive General Manager (EGM) Bandara Soetta Dwi Andika Wicaksana, Rabu (20/12).

BACA JUGA: Jokowi Meletakan Batu Pertama Untuk Pembangunan RSUP IKN

Peningkatan jumlah penumpang paling signifikan terjadi di Terminal 2, yakni sebesar 32 persen. Hal ini diikuti oleh Terminal 3 dengan peningkatan sebesar 52 persen. Sementara itu, Terminal 1 mengalami peningkatan sebesar 16 persen.

Kenaikan jumlah penumpang juga terjadi pada penerbangan kargo. Pada Rabu, jumlah penerbangan kargo di Bandara Soetta meningkat sebesar dua persen menjadi 20 penerbangan.

Pengelola Bandara Soetta memprediksi tren kenaikan jumlah penumpang akan terus berlangsung hingga masa puncak libur Natal dan Tahun Baru. Untuk mengantisipasi hal tersebut, pihak pengelola terus berkoordinasi dengan maskapai penerbangan untuk menambah jumlah penerbangan.

BACA JUGA: Jelang Nataru, Pedagang Cimahi Keluhkan Sepinya Konsumen Imbas Kenaikan Harga Cabai dan Bawang Merah

“Total penumpangnya, untuk keberangkatan sebanyak 70.399 jiwa dan kedatangan 62.792 jiwa atau sekitar 133.191 jiwa dari keseluruhannya,” kata dia.

Peningkatan jumlah penumpang di Bandara Soetta menunjukkan bahwa masyarakat Indonesia mulai bergairah untuk melakukan perjalanan mudik dan liburan. Hal ini tentu menjadi kabar baik bagi sektor pariwisata dan ekonomi Indonesia.

 

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan