Tidak Hanya Layanan Gratis, RBC Berdayakan Ibu Dhuafa ddalam Perayaannya di Milad ke 19 Tahun

JABAR EKSPRES – Siapa yang menyangka? Dari sebuah kejadian di ruang mushola kecil, berakhir menjadi sebuah klinik yang menaungi belasan ribu ibu hamil dhuafa.

Ya, Rumah Bersalin Cuma-Cuma (RBC) lahir dari sebuah tragedi seorang musafir yang melahirkan secara darurat di pojok mushola kecil di kantor Sinergi Foundation.

Tak ada yang menduga bahwa klinik ini akan berdiri hingga 19 tahun lamanya memberikan layanan gratis untuk ibu dhuafa di luaran sana.

Berdasarkan data Kementerian Kesehatan, Angka Kematian Ibu (AKI masih di kisaran 305 per 100.000 Kelahiran Hidup. Di angka ini mengindikasikan kematian ibu pada persalinan cukup tinggi.

Hal tersebut diantara penyebabnya adalah kurangnya asupan gizi ibu hami dan perawatan terhadap kehamilan. Bukan tanpa alasan layanan kesehatan ini diberikan secara cuma-cuma.

Ibu merupakan tonggak peradaban yang melahirkan generasi penerus untuk terus membangun masa demi masa, bayangkan jika anak-anak yang dilahirkan dari keluarga terbelakang tak mampu mendapatkan haknya sejak dini, bagaimana ia akan tumbuh menjadi generasi hebat di masa mendatang?

Perlu diakui bahwa dimulai dari kehamilan, persalinan hingga anak melewati 1000 hari pertama kehidupannya memerlukan biaya yang tak sedikit.

Jika sejak dini mereka tak dapat kesempatan untuk tumbuh dengan sehat, apakah mereka bisa memiliki kesempatan lain untuk tumbuh seperti anak-anak lainnya?

Oleh karena itu, sejak 2004 Rumah Bersalin Cuma-Cuma sebuah klinik pratama gratis pertama di Indonesia mendedikasikan dirinya untuk membantu ibu hamil dhuafa melahirkan dengan aman dan nyaman berbasis dana infak, zakat dan wakaf di bawah naungan Sinergi Foundation.

Kini sudah 19 tahun perjuangan RBC memberikan layanan terbaik demi melahirkan generasi masa depan yang gemilang. Setiap ibu dhuafa RBC berhak mendapatkan pelayanan sejak dari masa kehamilan, hari persalinan hingga anak berusia 2 tahun.

Tercatat 11.642 persalinan dan 248.478 layanan kesehatan telah disalurkan kepada 14.039 ibu hamil dhuafa. Di akhir tahun 2023 ini RBC mengungkapkan rasa syukurnya melalui gelaran Milad 19 Tahun dengan tema “Bukti Peduli Menjaga Generasi”, acara ini dilaksanakan di Klinik RBC Jalan Holis No.448-A, Caringin, Bandung Kulon, Kota Bandung.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan