Eco Wisata Cimahi Terus Digeber Walau Terkendala Infrastruktur

CIMAHI, JABAR EKSPRES – Dalam rangka menyambut Natal dan Tahun Baru, Disbudparpora Kota Cimahi terus mempersiapkan tempat wisata meski menghadapi keterbatasan sumber daya alam (SDA). Upaya ini menunjukkan dedikasi untuk memberikan pengalaman liburan yang memikat.

Beberapa waktu lalu, Disbudparpora Cimahi bersama Disbudpar Jawa Barat tengah melakukan peninjauan guna memastikan kesiapan destinasi wisata di Kota Cimahi.

“Sebagaimana dimaklumi kalau Kota Cimahi itu agak sedikit berbeda dengan daerah atau kota lainnya yang memang setiap saat, setiap minggu, atau akhir pekan itu dapat kunjungan karena ada destinasi wisata,” ucap Achmad Nuryana, Kadisbudparpora Cimahi saat ditemui Jabar Ekspres, Kamis 21 Desember 2023.

“Tak berarti kita tidak mengembangkan kawasan wisata tetap ada, tapi memang sarana prasanannya masih belum sempurna,” tambah Achmad.

Achmad menerangkan, Cimahi masih belum memiliki daya tarik alam seperti, Dago Pakar atau Pantai, sehingga belum menjadi destinasi wisata utama.

BACA JUGA: Situ Ciseupan, Wisata Alam nan Murah Meriah di Kota Cimahi

“Cimahi itu saat ini memang masih jadi (jalur) lintasan, walaupun kita tetap mengupayakan untuk membangun kawasan wisata yang mungkin berbeda dengan Kabupaten/Kota di Jawa Barat yang memang lebih ke wisata alam,” ujarnya.

Meskipun demikian, terdapat kawasan wisata bernama Cimenteng, Cimahi Utara yang saat ini masih dalam tahap pengembangan. Kendala utamanya adalah aksesibilitas dan kelengkapan sarana prasarana yang belum seoptimal kawasan lain.

“Saat ini sedang dalam proses perencanaan dan pengembangan, jadi belum karena aksesbilitas, kemudian sara prasana belum selengkap wilayah lainnya,” ungkapnya.

Pihaknya akan berencana mengembangkan konsep pariwisata yang unik, dengan fokus pada ekonomi kreatif. Salah satu kawasan wisata di Cireunde yang menonjolkan aspek budaya.

“Ada salah satu kawasan wisata di Cireunde, itu lebih ke wisata budaya. Kalau sekarang kan untuk liburan orang atau wisatawan cenderungnya ingin lebih ke nuansa alam, kemudian penginapan,” kata Achmad.

BACA JUGA: Menelisik Potensi Wisata di Kota Tentara

Hambatan Wisata Cimenteng Cimahi

Meskipun upaya pembangunan ekowisata Cimenteng Cimahi terus dilakukan, berbagai hambatan masih menghambat kemajuan. Tantangan tersebut mencakup infrastruktur yang perlu diatasi untuk mencapai kesuksesan ekowisata.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan