Libur Nataru, Disparbud Bandung Barat Prediksi Wisatawan Meningkat

JABAR EKSPRES – Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Bandung Barat (KBB) memprediksi kunjungan wisatawan jelang Natal dan Tahun Baru 2024 meningkat.

Berdasarkan data Disparbud KBB menyebut, kunjungan wisatawan pada tahun 2022 selama empat triwulan mencapai 4.469.184. Dengan rincian, triwulan satu 345.789, triwulan dua 498.782, triwulan tiga 30.905 dan triwulan empat 3.572.

Kepala Disparbud KBB, Panji Hermawan menjelaskan, kenaikan kunjungan tersebut bakal terjadi seiring beroperasinya kereta Whoos yang mempercepat mobilitas warga ke Kabupaten Bandung Barat.

BACA JUGA: Cegah Kecelakaan Saat Libur Nataru, Aparat Gabungan Gelar Ramp Check Angkutan Umum

“Untuk kunjungan wisatawan pada libur sekolah dan Nataru ini sudah pasti ada lonjakan kunjungan karena sekarang kereta Whoos sudah beroperasi,” katanya saat dihubungi Rabu, (20/12/2023).

Ia menambahkan, Kebupaten Bandung Barat memang menjadi salah satu wilayah yang kerap dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun mancanegara. Bahkan kunjungan wisatawan mancanegara pada tahun 2022 mencapai 21.241.

“Mayoritas wisatawan yang datang memang ke kawasan Lembang dan sekitarnya,” katanya.

Lebih lanjut ia mengatakan, dengan adanya kereta Whoos tersebut diharapkan menjadi salah satu faktor yang mendongkrak meningkatnya kunjungan wisatawan ke Kabupaten Bandung Barat.

BACA JUGA: Dishub Kota Cimahi Siap dalam Pengawasan Natal dan Tahun Baru 2024

“Tentunya ketika kunjungan wisatawan naik akan berdampak baik pada perekonomian masyarakat dan meningkatnya Pendapatan Asli Daerah (PAD),” tandasnya.

Sementara itu, salah seorang warga Cimareme, Indah Pratiwi mengatakan, momen libur sekolah ini akan dijadikan waktu yang tepat untuk anak mengisi liburan sekolahnya.

“Pasti liburan sekolah anak sudah kita agendakan pergi ke wilayah parongpong ke pemandian air panas yang lagi hits saat ini,” tandasnya. (Wit)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan