Jelang Natal 2023, Terjadi Kenaikan Signifikan Pengguna Tol Trans Jawa

JABAR EKSPRES – Menjelang perayaan Natal 2023, Jasamarga Transjawa Tol mencatat sebanyak 31.870 kendaraan sudah meninggalkan Jakarta.

VP Corporate Secretary and Legal PT Jasa Marga Transjawa Tol, Ria Marlinda Paallo memaparkan bahwa kondisi lalu lintas saat ini, 23 persen meningkat dibandingkan dalam kondisi normal.

“Total volume kendaraan meninggalkan wilayah Jakarta melalui GT (Gerbang Tol) Cikampek Utama naik 23,07 persen jika dibandingkan lalu lintas normal yakni 25.896 kendaraan,” kata Ria Marlinda Paallo di Bekasi, Jawa Barat, seperti dikutip JabarEkspres.com dari JPNN.com, Selasa 19 Desember 2023.

Baca juga: Lonjakan Penumpang di Bandara Soetta Jelang Libur Natal dan Tahun Baru

Selain itu, peningkatan juga terjadi di wilayah Jawa Tengah dengan 20.078 kendaraan menuju Semarang melalui Gerbang Tol (GT) Kalikangkung, atau naik sebesar 41,87 persen.

“Untuk kendaraan yang menuju Jakarta tercatat sebanyak 17.590 kendaraan atau naik 4,55 persen dari lalu lintas normal sebanyak 16.824 kendaraan,” sambungnya.

Sedangkan di GT Banyumanik terdapat 21.583 kendaraan menuju Solo atau 13,8 persen lebih tinggi daripada lalu lintas dalam kondisi normal.

Kemudian, kenaikan yang cukup signifikan juga terjadi pada masyarakat yang menuju ke Jakarta, yakni sebanyak 26.131 kendaraan.

Ria mengimbau kepada masyarakat yang menggunakan jalan Tol Trans Jawa untuk melakukan sejumlah persiapan sebelum melakukan perjalanan. Seperti mengecek kembali kendaraan yang akan digunakan, apakah dalam kondisi prima atau tidak.

Selanjutnya, pastikan saldo uang elektronik cukup untuk melakukan perjalanan. Selain itu, cek kembali BBM kendaraan.

Ria juga mengingatkan, bagi pengendara untuk mematuhi rambu-rambu lalu lintas, serta patuhi seluruh arahan dari petugas di lapangan.

Baca juga: Cegah Kecelakaan Saat Libur Nataru, Aparat Gabungan Gelar Ramp Check Angkutan Umum

Artikel ini telah tayang di JPNN.com dengan judul “H-7 Libur Natal, Jasa Marga Sebut 31.870 Kendaraan Tinggalkan Jakarta”: https://www.jpnn.com/news/h-7-libur-natal-jasa-marga-sebut-31870-kendaraan-tinggalkan-jakarta?page=2

 

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan