Cegah Kecelakaan Saat Libur Nataru, Aparat Gabungan Gelar Ramp Check Angkutan Umum

JABAR EKSPRES, CIMAHI — Dalam upaya mencegah kecelakaan lalu lintas saat liburan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 (Nataru), aparat gabungan dari Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Cimahi bersama Polres Cimahi, dan Kodim 0609/Kabupaten Bandung serta unsur TNI lainnya menggelar pemeriksaan kelaikan angkutan umum bus antar kota, kendaraan travel, hingga angkutan barang.

Dari pantauan di lapangan, pelaksanaan ramp check yang digelar di rest area Tol Purbaleunyi KM 125, Kelurahan Cibeber, Kecamatan Cimahi Selatan, Kota Cimahi, Rabu 20 Desember 2023 itu, petugas memberhentikan satu persatu angkutan yang menuju arah Padalarang, Purwakarta, dan Jakarta.

Kemudian petugas memeriksa kondisi kelaikan kendaraan mulai dari mesin, rem, wiper, kemudi, ban, lampu, klakson hingga kelengkapan surat-surat kendaraan seperti SIM, STNK, izin trayek dan yang lainnya.

Baca juga: Dishub Kota Cimahi Siap dalam Pengawasan Natal dan Tahun Baru 2024

Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Kota Cimahi Ruswanto mengatakan, selain dalam upaya menekan angka kecelakaan, pemeriksaan juga dilakukan bertujuan memastikan kedisiplinan pengusaha angkutan dan sopir dalam kelengkapan administrasi atau surat-surat kendaraan dan izin trayek.

“Yang pasti kita ingin memastikan jika pengusaha angkutan, terutama para sopir bisa berusaha menjamin keselamatan penumpangnya,” kata Ruswanto di sela-sela kegiatan.

“Untuk menjaga keselamatan penumpang tentunya yang harus diperhatikan salah satunya, kelaikan kendaraannya itu sendiri,” imbuhnya.

Menurutnya, pelibatan petugas kepolisian dalam kegiatan tersebut, karena kepolisian yang memiliki kewenangan melakukan sanksi jika kendaraan tidak dilengkapi dengan surat-surat.

“Untuk pihak kepolisian, sesuai dengan kewenangannya, mereka memeriksa surat kendaraan,” jelasnya.

Selain melaksanakan ramp check, Riswanto mengaku jika Dishub Kota Cimahi juga tengah melakukan berbagai persiapan untuk mengurai kemacetan yang terjadi jelang libur Nataru, jika terjadi penumpukan kendaraan di ruas jalan-jalan protokol.

“Kami sudah mempersiapkan anggota yang akan bertugas memantau jalan. Kami juga sudah melengkapi rambu-rambu dan kelengkapan jalan lainnya,” ujar Ruswanto.

Dia mengaku, sejauh ini pihaknya sudah berkoordinasi dengan Polres Cimahi untuk pemberlakukan rekayasa jalan jika terjadi kemacetan. Namun, rekayasa tersebut bersifat situasional.

“Kita sudah rapat dengan Polres Cimahi dan hasilnya nanti akan ada Pam Lalin, Pam Gatur, dan lainnya. Intinya, kami dan Polres Cimahi akan berusaha mengamankan wilayah Kota Cimahi pada libur Nataru nanti,” pungkasnya. (mong)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan