Antisipasi Lonjakan Covid-19, Dinkes Kota Bandung Siapkan Vaksin

JABAR EKSPRES – Antisipasi lonjakan Covid-19, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bandung akan lakukan vaksinasi kepada para tenaga kesehatan (nakes). Sebanyak 290 vial vaksin untuk 1.450 orang telah diterima dari Dinkes Jabar.

“Sesuai dengan arahan Kemenkes, kami prioritaskan untuk tenaga kesehatan yang belum lengkap vaksinasi nya, belum 4 kali, minggu ini kami akan sisir,” ucap Anhar Hadian, Kepala Dinkes Kota Bandung.

Sejumlah fasilitas kesehatan seperti klinik, puskesmas, laboratorium kesehatan, dan rumah sakit daerah telah disiagakan.

Rencananya, Dinkes Kota Bandung akan melakukan penambahan vaksin kepada Kemenkes RI. Selain nakes, lansia dan yang memiliki Komorbid menjadi prioritas lain.

“Sesudah itu baru masyarakat yang belum lengkap, jadi memang ada tahapan. Rencananya kami akan mengajukan lagi. Maunya 1000 vaksin, karena tampaknya masyarakat juga sudah banyak yang menanyakan kepada kami,” jelasnya.

BACA JUGA: KBB Berlakukan Lagi Protokol Kesehatan Jelang Libur Natal dan Tahun Baru

Selain vaksinasi, Dinkes Kota Bandung juga mengimbau rumah sakit untuk menyediakan 10 persen ruangan di sana untuk pasien terpapar.

“Kalau untuk pemeriksaan sudah berjalan, lab-lab kita sudah siap menerima kalau untuk pelayanan tracing juga Sudah berjalan. Meskipun sebetulnya belum ada arahan secara teknik dari Kemenkes, jadi nampaknya akan memanfaatkan ruang isolasi yang sudah ada di rumah masing-masing,” bebernya.

Anhar Hadian mengimbau kepada masyarakat agar tidak panik. Lalu, masyarakat diimbau untuk selalu patuh protokol kesehatan, terutama yang melakukan perjalanan.

Sedangkan, untuk masyarakat yang sakit diimbau untuk mengenakan masker dan menghentikan aktivitas di luar rumah. Kemudian, selalu menjaga kesehatan badan dengan menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).

“Kewaspadaan tetep, kalau tidak perlu, menghindari kerumunan sesuai dengan arahan dari pimpinan menghindari kerumunan yang tidak perlu, tapi jangan panik berlebihan,” imbaunya. (*)

BACA JUGA: Talaga Citalaga Pasir: Ruang Publik Baru di Bandung Utara

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan