ASN di Kabupaten Bogor Dipanggil Bawaslu, Ada Apa?

JABAR EKSPRES, BOGORBadan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Bogor mengumpulkan sejumlah Aparatur Sipil Negara (ASN) di salah satu rumah makan di Cibinong, Kabupaten Bogor, Senin 18 Desember 2023.

Komisioner Bawaslu Kabupaten Bogor, Burhanudin, mengatakan, pihaknya mengumpulkan para ASN untuk menyosialisasikan netralitas pada Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 mendatang.

“Kita sengaja undang camat dan lurah termasuk BKPSDM, paling tidak dari jumlah ASN di Kabupaten Bogor, kita ingin sampaikan terkait aturan larangan,” katanya.Menurut Burhanudin, sosialisasi itu dibutuhkan oleh ASN agar mereka mampu mengantisipasi pelanggaran-pelanggaran yang ada dalam aturan Pemilu.

Baca juga: Ajak Masyarakat Peduli Lingkungan, Pemkab Bogor Berikan Ini

“Tentu ini penting kami sampaikan terlebih hari ini ASN Kabupaten Bogor banyak dan PPPK yang masuk dalam kategori ASN. Sehingga, kita ingin sampaikan aturan-aturan Pemilu, tentang larangan,” tutupnya.

Lebih lanjut, sambung Burhanudin, ASN tidak boleh dilibatkan dalam kampanye dan membuat keputusan atau tindakan yang menjurus kepada salah satu calon.

Tak hanya itu, dirinya juga meminta para ASN tidak dikendalikan oleh kepala daerah yang merupakan pejabat politik, untuk kepentingan salah satu peserta Pemilu 2024 mendatang, baik presiden maupun calon legislatif.

“Kami dari Bawaslu juga tentunya mengimbau kepada teman-teman camat untuk tegak saja melakukan terhadap aturan itu. Yang pasti sama posisinya dengan penyelenggara, teman-teman ASN punya hak pilih dan ASN juga punya kepentingan. Tapi kita mengimbau untuk melaksanakan ketentuan yang berlaku dengan melaksanakan kepentingan hari ini,” pungkasnya. (SFR).

Baca juga: Sekitar 25 Ribu Jamaah Asal Jabar Dipastikan Terbang Melalui BIJB pada Pelaksana Ibadah Haji 2024

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan