BNPB dan Squad PBI Perkuat Edukasi Mitigasi Bencana, Alutsista Kebencana Dipamerkan di Hari Relawan Internasional

JABAR EKSPRES – Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) bersama 280 organisasi kemanusiaan yang tergabung dalam Squad Penanggulangan Bencana Indonesia (PBI) memperingati Hari Relawan Internasional 2023 di Kota Bogor pada Sabtu, 16 Desember 2023.

Dalam kegiatan yang digelar di area Resto Bubulak Tepi Sawah, Kecamatan Bogor Barat itu dipamerkan sejumlah alutsista kebencanaan hingga simulasi virtual reality kebencanaan dengan melibatkan ribuan relawan hingga masyarakat sekitar.

Direktur Kesiapsiagaan BNPB, Pangarso Suryotomo menuturkan, salah satu tujuan dihelatnya kegiatan tersebut sebagai sarana untuk mengedukasi masyarakat khususnya para relawan dan pelajar terkait penanganan bencana.

“Kami mengenalkan penanganan bencana pada masyarakat umum, khususnya para pelajar dan generasi muda. Bagaimana mengenal alat penanganan bencana sehingga mereka ikut membantu dan muncul generasi relawan yang hebat,” ungkapnya saat ditemui disela-sela kegiatan.

Deputi Bidang Logistik dan Peralatan BNPB, Lilik Kurniawan menambahkan, masyarakat sangat berperan penting dalam hal penanganan bencana, maka dari itu pihaknya berupaya untuk memperkuat edukasi dalam hal penanggulangan.

“Jadi benteng penanggulangan pertama adalah masyarakat itu sendiri dan salah satu peran utama penanggulangan bencana adalah pelibatan masyarakat sebelum bencana terjadi” tutur Lilik.

Oleh karena itu, sebelum terjadi bencana BNPB yang bersama relawan mengedukasi dan membentuk relawan dari masyarakat di Indonesia.

“Seperti anak yang berjalan sendiri di pinggir jalan tanpa orang dewasa. Itu adalah gambaran 204 juta jiwa masyarakat yang hari ini tinggal di tempat rawan bencana, rawan gempa, rawan Tsunami, rawan banjir. Sementara BNPB dan BPBD jumlahnya tidak banyak,” paparnya.

“Itu lah kenapa membentuk teman-teman yang memiliki solidaritas tinggi itu lah relawan yang dibina, pada saat bertugas, mereka mampu menjadi bagian jadi solusi nyaman dan aman,” imbuh dia.

Ketua Squad PBI, Subur Rojinawi menyampaikan, organisasi relawan rutin setiap tahun mengadakan peringatan hari relawan internasional.

Bogor sendiri dipilih sebagai lokasi peringatan Hari Relawan Internasional 2023 karena lokasinya yang berdekatan dengan ibukota Jakarta dan menjadi daerah penyangga paling rentan terhadap potensi bencana.

“Tiga tahun berturut-turut kita selenggarakan berupa apel relawan di Cibubur. Tahun ini sesuai arahan BNPB konsepnya kita ubah menjadi lebih edukatif dan melibatkan peranserta masyarakat,” jelas Subur.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan